Pakai Dinding Pintar Ini, Semua Kerjaan di Rumah Beres

Telset.id, Jakarta – Dalam waktu dekat, Anda bisa mengendalikan segala yang ada di rumah hanya dengan beberapa ketukan di dinding. Semua berkat kehadiran dinding pintar.

Para peneliti di Carnegie Mellon University dan Disney Research telah mengembangkan cara untuk membuat dinding Anda menjadi pintar. Biayanya cuma 20 dolar AS per meter.

Wall ++, demikian nama dinding pintar temuan para peneliti. Dinding tersebut menggunakan cat konduktif dan papan sensor khusus untuk membuat elektroda dan mengubahnya menjadi touchpad.

“Wall ++ mengadopsi penginderaan gerakan dan sensor elektromagnetik untuk mendeteksi dan melacak perangkat dan peralatan listrik,” terang peneliti seperti dilansir The Verge.

Sistem di Wall ++ bisa memantau aktivitas di ruangan dan secara otomatis menyesuaikan tingkat cahaya ketika televisi dihidupkan atau dimatikan. Wall ++ bisa pula mengirim peringatan ketika alat mati.

“Tak hanya itu, Wall ++ juga dapat melacak orang yang memakai perangkat elektronik tertentu yang memancarkan tanda elektromagnetik,” imbuh sang peneliti.

Berita Terkait:  Meski Dilarang, Warga Korut Nekat Pakai Samsung

Wall ++ bukanlah produk pertama peneliti Carnegie Mellon dalam menemukan cara untuk mengubah permukaan analog menjadi touchpad. Tahun lalu, mereka mengumumkan sistem bernama Electrick.

Electrick memungkinkan Anda menyemprotkan cat konduktif ke permukaan halus untuk mengaktifkan kontrol sentuh. Berikutnya apa lagi? [SN/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here