telset

Marak Bunuh Diri, Arab Saudi Larang 47 Judul Video Game

Telset.id, Jakarta – Senin (16/7/2018) lalu, otoritas Arab Saudi mengeluarkan larangan untuk 47 judul video game. Keputusan itu diambil setelah terjadi kasus dua anak melakukan bunuh diri lantaran mendapat instruksi dari sebuah game online.

Dilaporkan Daily Mail, judul-judul video game yang dilarang oleh Komisi Umum Saudi untuk Media Audio Visual di antaranya Grand Theft Auto V, Assassins Creed 2, dan God of War. Tapi, tak dijelaskan rinci bentuk larangan yang dikeluarkan oleh Arab Saudi.

Sebelumnya telah terjadi aksi bunuh diri yang dilakukan oleh seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dan gadis 13 tahun terkait game media sosial Blue Whale atau Blue Whale Challenge. Diduga ada instruksi tantangan dari game tersebut kepada pemainnya.

Tantangan yang diberikan oleh game Blue Whale terbilang tak wajar, bahkan cenderung berbahaya. Pemain diminta menyakiti diri sendiri dan menyiarkannya secara langsung. Ada pula instruksi untuk menonton film horor sepanjang malam.

Tantangan yang diberikan kepada para gamer dalam permainan itu akan semakin sulit dan berbahaya seiring kenaikan level. Paling parah, dalam tantangan terakhir, peserta diminta untuk melakukan bunuh diri.

Game Blue Whale menjadi semakin dikenal dalam beberapa tahun terakhir setelah diklaim berkaitan dengan 130 kasus bunuh diri oleh remaja di Rusia. Kasus serupa dilaporkan terjadi di Amerika Serikat, India, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

Meski demikian, beberapa orang menyebut apa yang ada dalam game tersebut hanyalah tipuan. Tapi, pencipta Blue Whale, Philipp Budeikin asal Rusia, telah ditahan dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada tahun lalu. [BA/HBS]

Sumber :

dailymail.co.uk

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0