Malware Berumur 15 Tahun Ini Masih Tetap Ganas

Telset.id, Jakarta – Tak hanya malware baru saja yang bisa menginfeksi pengguna PC atau laptop di platform Windows. Tapi juga malware berusia hampir 15 tahun pun masih sanggup menginfeksi pengguna PC hingga saat ini. Tak tangung-tanggung, malware bernama Stantiko ini menginfeksi sekitar 500 ribu pengguna Windows.

Dilansir dari Fossbytes, tak hanya menginfeksi 500 ribu pengguna PC ber-platform Windows, malware Stantinko juga membuat bingung para peneliti keamanan dari ESET yang menemukannya.

[Baca juga: Hacker Rusia Sebar Malware di Instagram Britney Spears]

Para peneliti keamanan dari ESET dibuat bingung karena mereka sulit membedakan apakah malware yang sudah berumur 15 tahun itu termasuk golongan adware atau spyware.

Seperti dilansir dari Fossbytes, hal itu karena kemampuannya yang mampu melacak PC korban serta menyuntikkan berbagai iklan lewat ekstensi browser yang di-install oleh korban yakni Teddy Protection dan juga The Safe Surfing.

[Baca juga: Ini Alasan Malware Lebih Banyak di Android]

Stantinko juga memiliki kemampuan lainnya, yakni mampu menyisipkan bot ke dalam Google Search. Bahkan, terdapat fitur yang bisa melakukan brute force pada website yang menggunakan WordPress dan Joomla. Well, sebaiknya berhati-hati ya! (FHP/HBS)

SourceFossbytes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0