Hacker Rusia Sebar Malware di Instagram Britney Spears

Telset.id, Jakarta – Semakin kesini, semakin beragam saja serangan yang dilancarkan oleh para hacker untuk menjerat korban-korban barunya. Baru-baru ini, ada sebuah kelompok hacker yang memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan korbannya lewat malware yang mereka sebarkan.

Dilansir dari Mashable, kelompok hacker bernama Turla itu ketahuan menyisipkan malware pada kolom komentar Instagram milik penyanyi Britney Spears. Temuan tersebut diungkap oleh peneliti teknologi dari ESET yang melihat ada malware “bersembunyi” pada sebuah komentar di salah satu postingan Instagram Britney.

[Baca Juga: Wah, Mark Zuckerberg Kena Trolls Hacker di Harvard!]

Cara penyebarannya sendiri, para hacker itu memberi komentar berisi hashtag dan juga beberapa komentar singkat. Nah jika si pengguna Instagram mengklik hashtag yang sebenarnya sebuah link tersebut, maka otomatis mereka akan diminta untuk men-download satu ekstensi untuk browser Firefox yang sebenarnya merupakan Trojan. Ketika ekstensi sudah ter-install, otomatis segala aktivitas penggunanya dapat dipantau oleh Turla.

[Baca juga: 6 Kelompok Hacker Legendaris Paling Ditakuti]

Menurut ESET, strategi ini sendiri bernama “Watering Hole” yang artinya mencoba menjerat calon korban lewat situs yang paling sering mereka akses, dalam kasus ini adalah Instagram.

Hal yang pintarnya adalah, penyisipan malware pada hashtag. Perlu diakui jika tak jarang beberapa pengguna Instagram “kepo” untuk mengklik hashtag, sehingga itu menjadi cara serangan yang efektif. So, sebaiknya lebih berhati-hati ya! (FHP/HBS)

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI