Liga Champions Kehilangan Sponsor, Crypto.com Mengundurkan Diri

Telset.id, Jakarta – Liga Champions kehilangan sponsor potensial. Crypto.com telah menarik diri dari kesepakatan sponsorship dengan UEFA untuk liga sepakbola Eropa paling diminati tersebut.

Liga Champions seharusnya mendapat suntikan £ 428 juta atau Rp 7,3 triliun selama lima musim dari  Crypto.com. Namun, kesepakatan batal pada detik terakhir.

Seperti Telset kutip dari BBC, Rabu (7/9/2022), kesepakatan akhirnya tidak menemui ujung lantaran terjadi kekhawatiran tentang peningkatan regulasi soal kripto.

Situs pertukaran cryptocurrency itu ditetapkan untuk menggantikan Gazprom setelah UEFA putus hubungan dengan penyedia energi Rusia selama perang di Ukraina.

BACA JUGA:

Kekhawatiran tersebut diperkirakan terkait potensi pembatasan perdagangan legal. Beberapa tahun terakhir, aset digital telah berpindah dari pinggiran ekonomi.

Kini, kianbanyak kesepakatan sponsor sepak bola oleh tim dan penyedia aset kripto. Chelsea dan Atletico Madrid kerja sama dengan platform perdagangan WhaleFin.

Manchester City memiliki OKX sebagai mitra kit pelatihan. Watford sebelumnya mempunyai Bitcoin sebagai sponsor utama dan menerima cryptocurrency di klub.

Tahun lalu, striker Spanyol David Barral membuat sejarah sepak bola saat kepindahan dari Real Madrid ke DUX International de Madrid dibayar pakai Bitcoin.

Menurut UEFA, sektor cryptocurrency sebagian telah membantu klub sepak bola untuk mengisi aliran pendapatan yang hilang akibat pandemi Covid-19.

Tetapi, para kritikus mengatakan, ada kekhawatiran tentang volatilitas pasar kripto, terutama bahwa harga token yang anjlok bisa membuat penggemar terjerat utang.

Terlepas dari kesepakatan sponsor nan menguntungkan, Bitcoin turun hampir 70 persen dari nilai tertinggi pada November 2021. Ethereum turun lebih dari 70 persen.

Juni 2022, Crypto.com memangkas hampir lima persen tenaga kerja. Sekitar 260 karyawan harus putus berpisah dengan perusahaan, kata kepala eksekutif Kris Marszalek.

Crypto.com adalah platform kripto yang tumbuh paling cepat dengan lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia. Situs tersebut memiliki kantor pusat global di Singapura.

BACA JUGA:

Crypto.com juga mempunyai kesepakatan sponsor dengan Formula 1, kejuaraan dunia Hoki Es, Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, serta cabang olahraga lain Amerika Serikat.

Runtuhnya kesepakatan Liga Champions dengan Crypto.com kali pertama dilaporkan SportBusiness. Aalasannya kekhawatiran tentang peraturan di negara-negara Eropa. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0