10 Aplikasi Trading Crypto Terbaik & Terlengkap di Indonesia

Telset.id – Aplikasi trading atau jual-beli crypto menjadi salah satu platform terbaik yang digemari saat ini, tak terkecuali di Indonesia. Mata uang kripto atau cryptocurrency yang sedang digemari oleh banyak orang membuat popularitas aplikasi tersebut di Indonesia juga meningkat.

Mata uang kripto dinilai sebagai investasi jangka panjang, karena memiliki masa depan yang cerah. Bagi sebagian orang, crypocurrency juga bisa dijadikan investasi jangka pendek untuk sekadar mendapatkan sedikit keuntungan.

Ada banyak mata uang kripto populer saat ini, sudah jelas ada Bitcoin, Ethereum, hingga Dogecoin yang akhir-akhir ini terus digaungkan oleh bos Tesla Elon Musk.

Namun sayangnya, investasi mata uang kripto yang menggiurkan dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan melalui platform bodong yang tak mendapatkan izin dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Baca juga: Kripto jadi Investasi Paling Diminati di Indonesia

Nah, berikut ini tim Telset akan membagikan rekomendasi aplikasi crypto terbaik di Indonesia yang sudah terdaftar di BAPPEBTI. Tapi sebelum itu, kami terlebih dahulu akan menjelaskan apa itu crypto dan trading atau jual-beli mata uang kripto kepada Anda. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Crypto?

apa itu crypto mata uang kripto cryptocurrency

Cryptocurrency berasal dari dua suku kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang artinya mata uang. Sederhananya, kripto merupakan mata uang digital yang dilindungi oleh kode rahasia.

Bentuknya virtual, sehingga tak sama dengan mata uang fisik seperti koin dan uang tunai yang biasa kita gunakan. Meski demikian, nilai mata uang digital ini tergolong tinggi bahkan bisa naik ratusan persen setiap tahunnya.

Bersifat digital, mata uang ini hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan berkali-kali karena sistem pencatatannya menggunakan teknologi yang disebut blockchain.

Blockchain pada dasarnya merupakan sekumpulan blok yang saling terhubung secara online. Setiap blok berisi satu set transaksi yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi secara independen, sehingga hampir tidak mungkin untuk memalsukan riwayat transaksinya.

Ada ribuan jenis mata uang kripto yang ada saat ini. Paling terkenal dan berharga adalah Bitcoin yang diciptakan oleh seorang anonim bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2008.

Baca juga: Game Berbasis Kripto Diprediksi jadi Tren

Kemudian ada Litecoin yang hadir pada tahun 2011. Mata uang digital ini mengusung teknologi peer-to-peer yang menghasilkan blok baru dengan kecepatan lebih cepat dan tak memerlukan sistem komputasi yang powerful.

Lalu ada Dogecoin yang dipopulerkan oleh Elon Musk. Uniknya, Dogecoin menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskot atau lambangnya. Nilainya jauh lebih rendah dari Bitcoin, sehingga kebanyakan mata uang ini digunakan untuk transaksi kecil saja.

Selain itu ada Ethereum, Cardano, BitcoinCash, Feathercoin, dan ribuan mata uang digital lainnya yang tersebar saat ini.

Cara Trading Crypto

Cara trading Bitcoin Cryptocurrency mata uang kripto

Singkatnya, trading mata uang kripto merupakan kegiatan transaksi dengan menggunakan aset cryptocurrency. Anda sebagai pemilik aset kripto tak boleh asal melakukan jual dan beli mata uang ini.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan, khususnya bagi Anda para pemula. Dikutip dari The Times pada Kamis (28/4/2022), tips dasar dalam melakukan trading crypto adalah tidak melakukannya secara harian.

Membeli dan menjual mata uang kripto dalam sehari untuk memanfaatkan pergerakan harga jangka pendek bukanlah cara yang tepat untuk memperdagangkan Bitcoin maupun mata uang kripto.

Hal ini dapat membuat harga mata uang digital bisa naik dan turun drastis dalam beberapa hari. Para trader pun diharuskan untuk melihat prospek jangka panjang agar tidak terjebak ke dalam panic buying atau selling.

Melakukan trading mata uang kripto juga harus diperhitungkan risikonya. Perdagangan ini punya risiko yang amat tinggi, sehingga besar kemungkinan Anda kehilangan uang yang besar.

Baca juga: 20 Aplikasi Penghasil Uang Paling Cepat

Agar terhindar dari kasus ini, Anda harus bisa “mengerem” dengan tidak tergoda untuk berdagang atau mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang bisa Anda tanggung.

Tips lainnya, Anda harus bisa mengenali aplikasi crytpo terbaik dan terpercaya agar terhindar dari kasus penipuan. Oleh sebab itu, berikut ini rekomendasi aplikasi trading crypto terbaik di Indonesia dengan fitur yang lengkap. Anda bisa jual atau beli crypto lewat aplikasi crypto terlengkap berikut ini.

1. TokoCrypto

Aplikasi crypto terbaik dan terlengkap
TokoCrypto

Aplikasi trading crypto terbaik dan terlengkap di Indonesia dibuka oleh TokoCrypto. Aplikasi yang sudah terverifikasi BAPPEBTI dan Kominfo ini memiliki tampilan yang bersahabat, sehingga mudah untuk digunakan dan dimengerti.

TokoCrypto juga merupakan platform exchange aset digital yang dilengkapi dengan fitur jual-beli kripto, transaksi aset kripto, dan sebagainya. TokoCrypto memiliki kelebihan seperti minimum deposit yang rendah Rp 50.000 serta biaya transaksi jual-beli yang tergolong murah.

Namun bagi Anda yang sering menggunakan kartu kredit, Anda tak bisa top up melalui metode ini. TokoCrypto cuma mendukung transfer bank dan OVO saja.

2. Indodax

Aplikasi Trading Crypto Indodax
Indodax

Aplikasi beli crypto terlengkap lainnya dan sudah mendapatkan izin BAPPEBTI adalah Indodax. Dengan izin yang legal, sudah pasti Indodax aman untuk digunakan.

Sama halnya, Anda bisa transaksi jual-beli kripto menggunakan aplikasi ini. Menariknya, Indodax dilengkapi dengan analisa chat dan stop loss yang sangat bermanfaat bagi pengguna, khususnya pemula di bidang trading crypto.

Hanya saja, Indodax tak seperti TokoCrypto yang punya minimum deposit rendah. Anda harus menyisihkan minimal Rp 500 ribu untuk menyetor deposit di platform trading crypto terbaik ini.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

3. Luno

Aplikasi trading beli crypto terbaik dan terlengkap
Luno

Aplikasi trading crypto terbaik dan terlengkap di Indonesia yang selanjutnya adalah Luno. Buat Anda yang suka nonton video YouTube gratisan, biasanya sering melihat iklan aplikasi di tengah-tengah video.

Yup! Luno merupakan salah satu aplikasi beli crypto yang populer di Indonesia. Tampilannya sederhana dan mudah dipelajari, bahkan untuk para pemula sekalipun.

Soal deposit, cukup minimal Rp 50.000 saja Anda sudah bisa bertransaksi via aplikasi ini. Selain terverifikasi oleh badan yang resmi, Luno juga mewajibkan verifikasi data super lengkap kepada pengguna, salah satunya adalah selfie.

4. Upbit

Aplikasi Trading Crypto Upbit
Upbit

Rekomendasi selanjutnya adalah Upbit. Aplikasi ini dijuluki sebagai “The Most Trusted Digital-Asset Exchange”, karena mengusung teknologi blockchain mutakhir dalam layanan keuangannya.

Namun karena teknologinya yang super aman, proses verifikasi untuk bisa masuk ke aplikasi ini cukup sulit. Perlu beberapa langkah agar Anda bisa menggunakannya untuk transaksi aset kripto.

Meski begitu, berkat teknologi yang aman, aset digital para pengguna pun terjamin keamanannya. Oiya, Upbit merupakan salah satu aplikasi crypto terbaik yang ringan, sehingga proses transaksi pun bisa berjalan cepat dan tanpa gangguan.

Baca juga: Cara Tarik Uang di ATM pakai HP

5. Binance

Aplikasi trading beli crypto terbaik dan terlengkap
Binance

Kalau ini, masuk ke dalam salah satu aplikasi trading crypto yang terbesar. Saking populernya, aplikasi ini bahkan memiliki mata uang sendiri bernama Binance Coin.

Buat para trader, aplikasi cryptocurrency Binance terkenal karena biaya transaksi yang rendah dan mempunyai sistem keamanan berlapis untuk menjaga aset digital pengguna. Belum lagi, Binance menyediakan ratusan aset digital di dalamnya.

Hanya saja, aplikasi crypto terlengkap ini dinyatakan ilegal dan tidak memiliki izin sebagai penyedia jasa perdagangan kripto oleh BAPPEBTI. Walaupun demikian, aplikasi ini tetap dipercaya oleh banyak pengguna saat ini.

6. Zipmex

Aplikasi Trading Crypto Zipmex
Zipmex

Menjadi salah satu aplikasi crypto terbaik dan terlengkap di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Populer di Indonesia, Zipmex bahkan memudahkan pengguna untuk bertransaksi dengan mata uang Rupiah.

Tak seperti Binance, aplikasi ini sudah terdaftar dan dinyatakan ilegal oleh BAPPEBTI. Jadi, Anda jangan khawatir soal keamanan, legalitas, dan fitur dari aplikasi trading crypto terbaik ini.

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang di Metaverse

7. Pluang

Aplikasi trading beli crypto terbaik dan terlengkap
Pluang

Sesuai namanya, aplikasi ini betul-betul memudahkan pengguna mencari peluang di era serba cepat seperti sekarang. Tak cuma transaksi mata uang kripto saja, pengguna pun bisa melakukan investasi emas sampai reksadana.

Diawasi oleh BAPPEBTI, sistem keamanan pun sudah pasti terjamin. Pluang juga menjadi salah satu aplikasi beli crypto yang terpercaya untuk saat ini. Soal deposit, Anda bisa berinvestasi mulai Rp 10 ribu saja. Baik pemula atau awam, bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

8. Pintu

Aplikasi Crypto terbaik Pintu
Pintu

Daftar aplikasi beli crypto terbaik dan terlengkap di Indonesia adalah Pintu. Aplikasi ini punya fitur yang lengkap, karena Anda bisa jual-beli aset digital, menyimpannya, sampai mengirimkan uang crypto ke pengguna lainnya.

Seperti Upbit, Pintu pun menjadi aplikasi yang ringan dan responsif. Namun, aplikasi ini hanya menyediakan aset kripto yang terbatas dengan fee transaksi yang tinggi.

Namun karena sudah diizinkan peredarannya oleh BAPPEBTI, Pintu merpakan aplikasi yang legal dan aman bagi Anda untuk melakukan trading aset digital. Selain itu, aplikasi ini juga sudah menerima deposit dengan mata uang Rupiah dan withdraw ke bank seluruh Indonesia.

Baca juga: 19 Game Berhadiah Uang di Android

9. Rekeningku

Aplikasi trading beli crypto terbaik dan terlengkap
Rekeningku

Puluhan aset digital disediakan pada aplikasi crypto terbaik ini. Beberapa di antaranya yang dijajakan sudah tergolong populer, seperti Bitcoin dan Ethereum.

Sama seperti aplikasi beli crypto lainnya, minimum deposit pada Rekeningku terbilang rendah minimal Rp 50 ribu saja. Sementara untuk topup, dapat dilakukan via aplikasi dompet digital ataupun transfer bank.

Menampilkan UI yang ramah dan mudah dipelajari, Rekeningku dilengkapi dengan sistem keamanan impresif. Tersedia sistem keamanan 2FA atau otentikasi dua langkah sebelum masuk ke aplikasi ini.

10. Triv

Aplikasi Crypto terbaik Triv
Triv

Last but not least, Triv. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah konversi aset digital ke mata uang Rupiah. Memiliki sistem yang ringan, segala proses transaksi pun dapat dilakukan dengan cepat.

Sudah pasti, aplikasi tersebut juga sudah diizinkan oleh BAPPEBTI. Anda tak perlu khawatir tentang keamanan dan legalitas dari aplikasi ini.

Itu tadi rekomendasi aplikasi trading crypto terbaik dan terlengkap di Indonesia. Anda dapat melihat daftar aplikasi terbaik lainnya melalui kanal Telset Apps. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0