Kreatif! Remaja Ini Atasi Blindspot di Mobil Pakai Proyektor

Blindspot di Mobil

Telset.id, Jakarta  – Jika sering berkendara, Anda tahu semua mobil memiliki blindspot, yang letaknya di sudut depan kendaraan. Ketika Anda mencoba berbelok, terkadang kerangka itu menghalangi pandangan. Seorang remaja yang kreatif memanfaatkan proyektor untuk mengatasinya

Kalau pengendara tak pintar mengemudi, blindspot berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Namun, sepertinya remaja berusia 14 tahun bernama Alaina Gassler punya ide cerdik untuk mengatasi blindspot di kendaraan. Seperti apa?

{Baca juga: Proyektor Terkecil di Dunia, Bisa Dikantongi}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Selasa (5/11/2019), ia membangun sistem prototipe yang terdiri atas webcam dan proyektor. Cara kerjanya, rekaman webcam akan memberikan informasi ke proyektor.

Kemudian, proyektor akan menyorot hasil rekaman webcam ke sudut bingkai kendaraan. Rekaman webcam yang disorot oleh proyektor ke sudut bingkai kendaraan bakal menghilangkan ‘titik buta’ di mobil. Bentuk kendaraan akan terlihat utuh.

Gassler sempat menguji medianya dengan berbagai bahan. Ia akhirnya memilih menggunakan kain reflektif. Sebab, ia menyadari betul bahwa ketika tidak duduk di kursi pengemudi, cahaya dari proyektor bakal membuatnya sakit kepala.

Jadi, menggunakan kain reflektif, hanya pengemudi yang dapat melihat apa yang sedang terjadi. Bagaimana dengan penumpan lain? Selain pengemudi hanya akan melihat sepotong kain hitam. Apakah temuan ini benar-benar baru?

{Baca juga: Polisi AS Pakai Sistem Pengenal Wajah Amazon}

Tidak juga. Mobil-mobil modern mulai hadir dengan fitur pendeteksi blindspot. Kendati demikian, apa yang dilakukan oleh Gassler patut diapresiasi. Apalagi, usianya baru 14 tahun, yang biasanya belum berpikir ke depan soal teknologi. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here