Kota Dubai Siapkan Pasukan ‘RoboCop’

Telset.id, Jakarta – Anda pasti sudah pernah menonton film laga fiksi ilmiah, RoboCop, yang memperlihatkan polisi robot. Kini dengan kemajuan teknologi, polisi robot nampaknya tak hanya akan muncul di film-film saja. Dubai menjadi salah satu kota yang dikabarkan akan mulai mengoperasikan polisi robot di tahun 2030 mendatang.

Sebagai salah satu kota terkaya di dunia, tentu saja bukan masalah bagi pemerintah kota Dubai mengembangkan teknologi yang super mahal. Salah satunya adalah menggunakan teknologi robot untuk menjadi polisi di kota tersebut.

Seperti dikutip dari laman Ubergizmo, pemerintah kota Dubai dikabarkan tertarik untuk menggunakan robot sebagai pegawai mereka. Adalah Otoritas Kepolisian Dubai yang menargetkan pada tahun 2030 mendatang, 25 persen anggota kepolisian Dubai adalah robot.

Bahkan untuk mengawali rencana mereka, otoritas kepolisian Dubai akan segera memperkenalkan anggota Kepolisian Robot Dubai mereka kepada khalayak umum pada 24 Mei mendatang.

Pihak Kepolisian Dubai sediri mengatakan bahwa robot yang mereka pakai adalah robot hasil buatan PAL Robotics. Perusahaan yang bermarkas di Spanyol tersebut mendapatkan pesanan robot khusus yang diberi nama REEM.

Robot REEM (Ubergizmo)

Robot REEM memiliki tinggi badan 170 cm dengan layar di dadanya. Robot ini tidak akan melakukan aktivitas polisi lapangan seperti menangkap penjahat atau semacamnya, namun lebih memiliki tugas untuk menerima keluhan tindak kriminalitas yang akan dimasukkan oleh masyarakat Dubai.

Pihak PAL Robotics mengatakan bahwa kedepannya tidak menutup kemungkinan akan munculnya robot yang dapat melakukan tugas polisi di lapangan. Namun untuk saat ini, mereka mengatakan robot yang akan digunakan untuk melayani masyarakat, khususnya untuk menangani keluhan saja. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here