Kolombia Pakai Drone untuk Hancurkan Ladang Kokain

Telset.id, Jakarta – Keberadaan drone alias pesawat tanpa awak semakin membantu kerja manusia di berbagai bidang. Bahkan, di Kolombia, drone dipakai untuk menghancurkan ladang kokain.

Pemerintah Kolombia sangat bergantung kepada drone untuk menghancurkan tanaman yang menjadi bahan produksi kokain. Drone kecil mereka lengkapi pestisida dan dikirim ladang kokain ilegal.

Presiden Kolombia, Iván Duque, mengaku memilih cara itu demi efektivitas. Menurutnya, drone yang dilengkapi pestisida cukup mujarab membasmi tanaman kokain ilegal tanpa merusak ladang lain.

Baca juga: Tersesat di Rawa, Kakek Ini Akhirnya Ditemukan oleh Drone

Menurut Ubergizmo, uji coba pembasmian telah dilakukan di provinsi Narino, belum lama ini. Hasilnya, Brown, nama drone itu, berhasil memusnahkan 90 persen tanaman kokain yang ditanam di ladang.

Kepala operasi perusahaan penyedia drone, German Heurtas, menyatakan, pesawat tanpa awak tersebut disediakan oleh Fumi Drones SAS. Ia berujar, ada 10 drone yang digunakan dalam uji coba itu.

Baca juga: Otoritas Florida akan Gunakan Drone untuk Basmi Nyamuk

“Drone-drone itu membawa glyphosate, zat kimia yang digunakan untuk membunuh tanaman kokain. Uji coba yang dilakukan merupakan ide presiden untuk mengurangi produksi kokain,” jelas Heurtas.

Pemanfaatan drone untuk sejumlah misi pemerintah memang tengah marak. Di China, misalnya, drone khusus berbentuk digunakan untuk mengawasi warga yang bermukim di lima provinsi.

Bernama Dove, drone tersebut dipakai untuk memantau gerak-gerik warga. Bahkan, ada operator khusus yang mengoperasikannya, yakni seorang profesor universitas ternama bernama Song Bifeng.

Tak berbentuk kaku, drone burung itu bisa mengepakkan sayap sehingga tak menimbulkan kecurigaan warga. Alat untuk menggerakkan sayap adalah sepasang crank-rocker yang dijalankan motor listrik.

Baca juga: Kepo, Pemerintah China Awasi Warganya Pakai Drone Burung

Setiap drone burung juga dilengkapi kamera berkualitas HD, antena GPS, sistem kontrol penerbangan, dan sambungan data dengan kemampuan komunikasi satelit. Drone terkoneksi ke sistem komputer.

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0