Ketahuan! Akun YouTube Calon Sarjana Curi Konten Video

Calon Sarjana Infia

Telset.id, Jakarta – Netizen dihebohkan dengan dugaan plagiat yang dilakukan oleh akun YouTube Calon Sarjana. Kanal yang memiliki 12,4 juta subscribers tersebut ketahuan mencomot ratusan konten video YouTube tanpa izin dari kanal luar negeri bernama @JTonYouTube.

Kasus ini bermula saat akun Twitter @JTonYouTube atau yang biasa disapa JT ini memposting sebuah cuitan pada Rabu (06/11/2019). JT memposting screen capture terkait konten miliknya yang dicuri akun Calon Sarjana.

{Baca juga: Demi Konten, YouTuber Ini Nikahi Ibu Sahabatnya}

JT memposting foto yang memperlihatkan videonya yang dicuri Calon Sarjana dengan judul this is the new #1 YouTube Channel… (Parlophone Records). Video tersebut diunggah lagi di channel YouTube Calon Sarjana dengan judul Parlophone Records, Channel YouTube No #1 yang mengalahkan T-Series.

Konten tersebut sudah diposting akun @JTonYouTube sejak 2 minggu sebelum akun Calon Sarjana mempostingnya kembali. Parahnya, konten tersebut diponsting tanpa menuliskan sumbernya dari @JTonYouTube

Konyolnya lagi, mereka tidak hanya mencuri konten videonya saja, tapi thumbnail dari video milik JT pun dicomot dan menuliskan watermark, yang artinya mengaku-ngaku buatan mereka.

Alhasil, JT pun kecewa dengan aksi plagiasi itu. JT mengatakan konten yang diambil tanpa izin, bahkan pada bagian thumbnail pun sama.

{Baca juga: Memakan Korban, Instagram “Bersih-bersih” Unggahan Plagiat}

“Saya menemukan YouTubers yang mencuri kontenku. Dia punya 12,4 juta pengikut dan dia mencuri video dan thumbnail saya. Dia benar-benar tidak tahu apa yang saya lakukan,” cuit @JTonYouTube.

Sontak netizen pun bereaksi. Cuitan @JTonYouTube mendapat 3,5 ribu retweet, 5,1 ribu likes dan 262 komentar. Isi komentarnya pun beragam. Misalnya akun @Autumn10_ yang menilai jika perbuatan itu sangat memalukan.

“Ih bikin malu aja sih,” cuit @Autumn10_

Hal serupa juga dikatakan oleh @YRobertSantoso yang mengatakan bahwa, prilaku Calon Sarjana memalukan sehingga merusak citra para konten kreator tanah air di mata internasional.

“Sekarang kita menyaksikan mengapa beberapa orang di luar sana berpikir bahwa beberapa pengguna YouTube di Indonesia menjijikkan. Karena ini,” cuit @YRobertSantoso.

Permintaan Maaf Calon Sarjana

Pada Kamis (07/11/2019) akun @JTonYouTube kembali memposting sebuah ucapan maaf dari Calon Sarjana yang dikirimkan lewat Direct Message (DM) Twitter. Ucapan tersebut berisi permintaan maaf dari Calon Sarjana. @JTonYouTube pun tampaknya memaafkannya dengan nada yang satir.

{Baca juga: Kurang Punya Etika Pers, Influencer dan Youtuber akan Ditertibkan}

“Tapi masih ada 100-an video yang dicuri. 12 juta pelanggan, ok sobat,” tutur @JTonYouTube.

 

Previous articlePerkembangan Otak Anak Bisa Lambat karena Gadget
Next articleCalon Sarjana Plagiat, Ernest: Bikin Malu Satu Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here