5 Karakteristik Penonton Netflix di Indonesia Tahun 2020

(Foto : KSAT)

Telset.id – Memasuki penghujung tahun 2020, Netflix berbagi informasi “Year in Review 2020” mengenai karakteristik dan tren tontonan anggota Netflix di Indonesia. Terdapat 5 karakteristik penonton Indonesia berdasarkan tren tontonan mereka.

Kelima karakter penonton Netflix di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tren tontonan sepanjang tahun 2020. Tren tontonan tersebut biasanya berdasarkan tayangan favorit apa yang disukai penonton di aplikasi streaming asal Amerika Serikat tersebut.

5 Karakteristik Penonton Netflix 

Terdapat 5 karakteristik penonton Netflix di Indonesia mulai dari Romantis hingga penikmat cerita beragam bahasa. Masing-masing karakter tersebut memiliki tren tontonan series dan film sendiri yang menarik untuk disimak.

Bagi yang penasaran, berikut ini 5 karakteristik penonton Netflix di Indonesia berdasarkan tayangan favorit mereka. Yuk disimak!

Romantis 

Penonton dengan karakter romantis (Foto : Netflix)

Karakter penonton pertama adalah karakter Romantis. Minimnya interaksi secara langsung dengan satu sama lain dan sulitnya berkencan di 2020 membuat tayangan romantis di Netflix sangat digemari sepanjang tahun ini.

Untuk genre ini, penonton Indonesia ternyata lebih menyukai konten-konten dari Asia dibandingkan konten Hollywood. Di Indonesia, serial Korea “Start-Up”, sukses membuat penggemarnya baik tim Do-san maupun tim Ji-pyeong terhanyut.

{Baca juga: 8 Drama Korea Netflix Terbaik yang Tayang Desember!}

Tayangan terpopuler lainnya adalah “Imperfect”, film romantis Indonesia yang mengangkat tema unik tentang mencintai diri sendiri yang jarang diangkat di film-film romantis Indonesia, dan juga “Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi”.

Selalu Ingin Belajar 

Karakter penonton Selalu Ingin Belajar Netflix (Foto : Netflix)

Tahun 2020 adalah tahun di mana anggota Netflix belajar lebih banyak mengenai hal-hal baru, khususnya melalui tayangan dokumenter dan serial unscripted.

Sekedar informasi peningkatan penonton genre ini mencapai 2x lipat bahkan lebih dibandingkan tahun lalu di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa dokumenter Netflix yang paling populer untuk para penonton Indonesia adalah “The Social Dilemma”, “The Last Dance” serta “Get Organized with The Home Edit” yang memberikan inspirasi untuk merapikan rumah mereka selama pandemi.

Selain itu, film dokumenter “Semesta” yang mengangkat berbagai upaya konservasi yang dilakukan oleh 7 penggiat lingkungan di Indonesia juga masuk menjadi tayangan dokumenter paling populer di Indonesia selama 2020.

Kekeluargaan

penonton karakter Kekeluargaan (Foto : Netflix)

Ketiga adalah Kekeluargaan karena penonton Netflix di Indonesia juga menyukai berbagai tayangan Netflix yang bisa ditonton bersama seluruh anggota keluarga.

Film petualangan musikal “Petualangan Sherina” yang dirilis pertama kali 20 tahun yang lalu berhasil menjadi salah satu tayangan populer keluarga Indonesia sepanjang tahun 2020.

Penonton Netflix di Indonesia kembali bernostalgia bersama Sherina dan Sadam. Di samping itu film animasi original Netflix, “Over the Moon”, “Jurassic World: Camp Cretaceous”, serta tayangan seru “Floor is Lava” juga menjadi film favorit penonton.

Pemberani 

Karakter penonton pemberani (Foto : Netflix)

Karakter pemberani lebih kepada mereka yang menikmati film-film yang memacu adrenalin dan penuh aksi menjadi pilihan para anggota Netflix di Indonesia yang ingin melarikan diri ke dunia fiksi.

Yang menarik, selain film aksi ala Hollywood seperti “Extraction”, para penonton film action juga jatuh cinta pada tema-tema yang tidak biasa dari tontonan-tontonan action yang ada di Netflix.

{Baca juga: Mau James Bond, Apple dan Netflix Harus Bayar Rp 8,8 Triliun}

Film action dengan karakter utama wanita yang kuat seperti “The Old Guard” serta serial “The Umbrella Academy” yang menghadirkan tema dinamika keluarga superhero eksentrik termasuk beberapa tayangan action paling populer bagi penonton di Indonesia.

Penikmat Cerita Beragam Bahasa 

Karakter penonton penikmat cerita dalam beragam bahasa (Foto : Netflix)

Karakter penonton Penyuka Cerita Dalam Beragam Bahasa adalah mereka yang suak dengan cerita yang universal dan mampu mengalahkan berbagai batasan perbedaan bahasa ataupun perbedaan budaya bagi para penontonnya.

Sepanjang 2020, film-film Indonesia seperti “Guru-Guru Gokil”, “Imperfect” dan “Bucin” berhasil menjadi tayangan lokal favorit bagi penonton Indonesia.

Tapi para penonton Netflix di Indonesia juga memperluas pengetahuan dan apresiasi mereka terhadap tayangan-tayangan dalam bahasa asing (selain Inggris) yang tersedia di Netflix.

{Baca juga: Rekomendasi 10 Film Netflix Terbaik dan Terbaru 2020}

Serial bertema kriminal “Money Heist” yang hadir dalam bahasa Spanyol, fiksi ilmiah Belgia “Into the Night” yang hadir dalam bahasa Prancis, film anime “A Whisker Away”dari Jepang, serta “Friend Zone”,  asal Thailand, juga berhasil mencuri hati penonton.

Kelima karakter penonton tersebut cukup mewakili prilaku pengguna Netflix di Indonesia. Selain itu karakter ini juga menunjukan bahwa Netflix menjadi salah satu aplikasi streaming yang digemari masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2020 ini.

Itu tadi 5 karakter penonton di Netflix, yang ternyata cukup beragam. Dari kelima karekter tadi, Anda termasuk golongan dengan karakter yang mana? Silahkan berikan jawaban Anda di kolom komentar ya sob. [NM/HBS]

Previous articlePabrik MSI Dirampok, GPU Nvidia RTX 3090 Senilai Rp 4,8 Miliar Raib
Next articleHarga PS5 Rusak Gara-gara Calo, Pengecer Langsung Melawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here