telset
spot_img

Ini 4 Karakter Pengguna Facebook, Anda yang Mana?

Telset.id, Jakarta – Facebook kini menjadi media sosial yang paling banyak dipakai oleh netizen di seluruh dunia. Setidaknya, setiap bulan ada 2 juta orang menggunakan akun mereka dengan rata-rata penggunaan sekitar 35 menit per harinya.

Namun tahukah Anda, menurut hasil penelitian ternyata ada empat karakteristik pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Para peneliti mengklasifikasikannya sesuai dengan perilaku mereka di media sosial.

Nah, penasaran bukan apa saja karakter yang biasa ada di Facebook? Jika penasaran silahkan simak hasil penelitian dari Brigham Young University yang telah tim Telset.id rangkum dari laman Mirror berikut ini.

1. Relationship Builder

keluarga

Karakter pertama yang sering terlihat di Facebook adalah karakter relationship builder atau para pembangun hubungan. Karakter pengguna yang satu ini lebih mementingkan penggunaan Facebook sebagai wadah utama untuk menghubungi kerabat, teman, sanak keluarga, atau yang lainnya.

“Para pemilik karakter ini menggunakan Facebook sebagai alat untuk berkomunikasi. Mereka ingin hubungan dengan semua orang terus terjalin, dan salah satu instrumennya adalah Facebook,” ujar salah satu peneliti, Tom Robinson.

2. Town Criers

toa

Karakter selanjutnya yang sering kali terlihat adalah town criers atau sang penyebar berita lokal. Seperti namanya, karakter pengguna ini suka membagikan kejadian yang terjadi di sekitar lingkungan dia tinggal, atau me-repost berita terkini .

“Mereka selalu suka berbagi informasi, me-repost berita-berita terkini, mengumumkan acara-acara yang sedang berlangsung. Mereka tidak suka berbagi tentang informasi pribadi,” jelas Robinson.

3. Penggemar Selfie

Selfie

Untuk karakter yang satu ini, pastinya sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan karakter pengguna selfie kini sedang “mewabah” di banyak media sosial, selain di Facebook.

“Karakter pengguna selfie lebih fokus untuk mendapatkan perhatian, seperti ‘likes’ dan ‘komentar’. Mereka itu punya mindset seperti ini: ‘Semakin sering saya mendapat notifikasi, berarti saya lebih diterima di lingkungan pertemanan (Facebook) saya,” ungkap Robinson.

4. Window Shoppers

Karakter terakhir yang sering kali ditemukan di Facebook adalah window shopper. Karakter pengguna ini adalah orang yang suka menggunakan Faecebook tanpa mengunggah posting atau apapun, persis seperti orang yang hanya suka melihat barang namun tidak pernah membeli apapun.

“Mereka lebih suka melihat aktivitas orang lain di Facebook, semacam silent reader. Namun mereka memahami apa yang sedang berlangsung, lebih peka dengan isu-isu,” jelas Clark Callahan, salah satu pelaku riset dari penelitian ini.

Nah, dari keempat tipe ini, manakah yang termasuk tipe penggunaan Facebook Anda? Tuliskan di segmen komentar ya! [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0