Jajaran Ponsel dengan Kamera Tercepat

Telset.id, Jakarta – Sekarang, kamera pada smartphone tidak hanya dilihat dari kualitas gambar yang dihasilkan saja, tapi dilihat juga kecepatan kamera dalam mengambil gambar.┬áKecepatan dalam mengambil gambar memang sangat dibutuhkan karena kita bisa berimprovisasi pada gambar yang akan diambil.

Saat ini terdapat beberapa smartphone kelas wahid yang memang memiliki kamera dengan kualitas tinggi dan dibarengi dengan kecepatan pengambilan gambar yang maksimal. Ingin tahu apa saja smartphone tersebut? Yuk simak ulasan dari Tim Telset.id berikut ini.

1. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
s7-22

Memang tidak usah diragukan lagi, bahwa ponsel tercanggih di 2016 ini adalah Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Dibalik kekuatannya yang gahar, ponsel ini memiliki kamera dengan kualitas tinggi dan kecepatan yang tinggi pula dalam mengambil gambar. Smartphone ini unggul dari pesaing beratnya yakni iPhone karena mampu mengambil gambar dengan waktu 1,5 detik saja.

Untuk mengambil gambar HDR, butuh waktu hingga 1,6 detik. Memang tidak mengherankan jika kedua ponsel ini memiliki kecepatan seperti itu, karena kedua ponsel ini ditenagai chipset Snapdragon 820. Satu hal lagi yang membuat ponsel unggul adalah dengan hadirnya fitur Quick Launch dimana saat kita menekan tombol home sebanyak dua kali, maka kamera akan segera menyala. Sejauh ini, inilah cara tersimpel untuk menyalakan kamera pada smartphone apapun.

2. Apple iPhone 6s dan 6s Plus
iphone---

Urutan kedua diisi pesaing berat Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yaitu Apple iPhone 6s dan 6s Plus. Memang cukup mengecewakan bagi mereka karena sebelumnya kamera iPhone terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan memiliki kecepatan dalam mengambil gambar. Namun di tahun ini mereka kalah oleh Samsung. Ya, meskipun hanya kalah sepersekian detik lebih lama, tapi tetap saja tahun ini mereka kalah.

Satu lagi yang membuat posisinya menurun adalah dihilangkannya fitur double klik untuk menjalankan kamera pada iPhone. Meskipun terdapat shortcut kamera pada Control Center serta di Lockscreen, namun tetap saja masih unggul fitur dari Galaxy S7 dan S7 Edge.

3. Sony Xperia X
xperia-x---

Sony membuat kejutan dengan masuk ke jajaran paling atas lewat produknya yaitu Xperia X. Kamera dari smartphone seri baru dari Sony ini berukuran 23 MP. Jika Anda menggunakan tombol fisik untuk menjalankan kamera, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika kita mengaksesnya lewat ikon aplikasi, kamera akan menyala dengan cepat.

Meskipun masih terdapat permasalahan pada antarmuka kameranya seperti kamera tidak berputar saat ponsel diputar, tidak ada tombol untuk merekam video, dan lainnya, tapi ponsel ini masih layak untuk menjadi yang tercepat ketiga setelah Samsung dan iPhone.

4. Microsoft Lumia 950 XL
lumia-h1

Kejutan lainnya hadir dari Microsoft Lumia 950 XL. Smartphone yang menggunakan OS Windows 10 ini masuk ke jajaran kamera tercepat, meskipun pada kenyataannya smartphone keluaran Microsoft masih kalah jauh oleh Android dan iOS.

Lumia memang telah lama memiliki ambisi besar untuk memaksimalkan sektor kameranya, seperti yang bisa kita temukan pada Lumia 1020. Namun mereka tidak memperhatikan kecepatan pengambilan gambarnya, dan sekarang mereka memperbaikinya lewat produk ini.

5. Nexus 6P / iPhone SE / LG G5
nexus--

Kami mengukur rata-rata dibutuhkan waktu hingga 2,2 detik untuk mengambil sebuah gambar yang bagus pada ketiga ponsel yakni Nexus 6P, iPhone SE dan LG G5. Ketiga ponsel ini masih kalah oleh Samsung dan iPhone dalam hal kecepatan kamera sehingga menempatkan ketiga ponsel ini pada urutan kelima.

Nexus 6P memiliki fitur yang sama dengan Samsung yaitu fitur double-click untuk menjalankan kamera. Tapi tidak sebagus Samsung, karena saat dicoba, kamera cukup lama untuk menyala.
iphone-se-22

Sedangkan untuk iPhone SE, memiliki antarmuka khas dari Apple namun kecepatannya tidak sama dengan Apple 6s maupun 6s Plus. Sedangkan untuk LG G5, memiliki kecepatan yang sama dengan kedua ponsel tersebut, namun mereka unggul karena memiliki dua kamera.

Berikut adalah tabel perbandingan ponsel dengan kamera tercepat:

Mengambil Gambar
(Detik)

Mengambil Gambar HDR
(Detik)
Nilai Camspeed Nilai Camspeed dengan Flash

Samsung Galaxy S7

1.5

1.6

315

281

Samsung Galaxy S7 edge

1.5 1.6 283 261

Apple iPhone 6s Plus

1.6 1.9 485

285

Apple iPhone 6s

1.7 1.9 485

293

Sony Xperia X

1.7 2.2 No data

No data

Microsoft Lumia 950 XL

2 2 352

307

Google Nexus 6P

2.2 2.9 346

464

LG G5

2.2 2.7 505

480

Apple iPhone SE

2.2 2.5 720

399

HTC 10

2.4 3.2 616

534

Huawei P9

2.7 3 No data No data

Google Nexus 5X

2.8 3.2 623

568

Xiaomi Mi 5 2.9 3.5 600

522

Related Articles

1 COMMENT

  1. Kalau boleh saran, kenapa enggak masukin Xperia m5, dengan Fokus Otomatis Hybrid 0.25 detik, 21,5 megapiksel, dan zum tajam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -