telset

Ilmuwan Ciptakan Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda penggemar film Harry Potter, pasti pernah melihat jubah para tokoh di film itu yang bisa tembus pandang atau menghilang karena kekuatan sihir. Dan nampaknya tak lama lagi jubah itu akan hadir di dunia nyata. Bukan karena kekuatan sihir, tapi menggunakan teknologi.

Para ilmuwan kini sedang mengembangkan teknologi jubah tembus pandang yang membuat objek atau benda padat lenyap seperti yang sering kita saksikan dalam film fiksi populer Harry Potter.

Jubah ini nantinya akan bekerja dengan cara mengubah gelombang cahaya melalui objek. Saat pengujian, gadget yang disebut jubah spektral ini diklaim dapat berfungsi pada siang hari yang cerah.

“Kami sedang membuat terobosan untuk mencari cara membuat jubah tembus pandang,” kata pemimpin penelitian yang berbasis di Kanada, José Azaña.

Baca juga: Ada “Sihir” Harry Potter di Fitur Baru Facebook

Dia menuturkan, mata manusia melihat cahaya yang memantul pada benda. Objek memantulkan cahaya yang berbeda tergantung pada warnanya, misalnya hijau.

Namun pendekatan baru, para ilmuwan melihat pada perubahan gelombang cahaya melalui objek. Jubah ini dapat mengubah menjadi warna lain, misalnya biru, saat melewati objek hijau.

Warnanya kemudian kembali menjadi hijau di sisi lain sehingga tampilan tidak terdistorsi ke mata kita. Hal ini, diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi perangkat jubah saat ini, yang masih memantulkan cahaya di sekitar objek, sehingga menyebabkan cahaya gemerlap yang terlihat.

Sementara itu, beberapa model lain dapat bekerja dengan baik hanya ketika sebuah objek hanya diterangi dengan satu warna cahaya. Namun, sayangnya cahaya putih terdiri dari beberapa warna.

Pada suatu hari nanti, teknologi ini dapat digunakan untuk membuat objek tidak terlihat dari segala arah.

Baca juga: Kru Harry Potter Bikin Robot Macan Tutul Nampak Realistis [Video]

Teknologi ini juga menawarkan harapan untuk membuat data yang dikirimkan melalui jalur serat optik lebih aman dari serangan penjahat.

Seperti diketahui, dalam film Harry Potter, bocah penyihir bernama Harry mewarisi jubah tembus pandang dari ayahnya dan menggunakannya untuk memata-matai para guru dan bersembunyi.

Sumber: The Sun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0