Browser Opera Kini Punya Dark Mode ala Android

Browser Opera

Telset.id, Jakarta Dark Mode Android telah menjadi populer, semenjak Google merilis fitur tersebut di Android 10. Alhasil, beberapa aplikasi pun menerapkan fitur serupa pada platform-nya. Browser Opera pun seakan tak ingin ketinggalan untuk hadirkan Dark Mode ala Android.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (09/12/2019), browser Opera untuk smartphone Android sekarang juga menghadirkan Dark Mode di aplikasi versi terbaru. Apa manfaatnya?

Opera versi terbaru ini punya kemampuan untuk mengubah semua webpage atau halaman situs menjadi gelap. Artinya, halaman situs kini tidak perlu dirancang untuk mode gelap.

{Baca juga: Dijamin Keren! Begini Cara Aktifkan Dark Mode di Redmi Note 8}

Ya, Opera versi terbaru punya Dark Mode Android yang dapat mengubahnya menjadi gelap. Pada dasarnya, halaman situs tetap membutuhkan latar belakang putih. Melalui beberapa perubahan CSS, halaman situs berubah menjadi gelap.

Sebelumnya, browser Chrome juga menghadirkan fitur Dark Mode meski hanya untuk iOS 13. Pembaruan menghadirkan kemampuan untuk menambahkan kredit baru langsung di Chrome dari halaman pengaturan.

{Baca juga: WhatsApp Web, Cara Pakai dan Trik Memaksimalkannya}

Fitur Dark Mode, yang menampilkan latar belakang berwarna hitam gelap, memang berguna bagi perangkat berlayar OLED. Fitur itu mematikan semua piksel sehingga membuat daya baterai perangkat menjadi lebih hemat.

Selain hemat daya baterai, Dark Mode juga meningkatkan kemampuan untuk fokus terhadap teks. Hal itu sudah dibuktikan via riset dalam jurnal The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here