Hey Orangtua! Anakmu Minta Stop Main Ponsel

Telset.id, Jakarta – Hasil penelitian mengungkap bahwa lebih dari sepertiga remaja dan lebih dari seperempat orangtua terbangun dari tidurnya hanya untuk mengecek ponsel. Anda mengelak terlalu sering main ponsel, alias sudah kecanduan ponsel? Setidaknya itulah hasil penelitian Common Sense Media.

Organisasi yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, tersebut melakukan penelitian tentang dampak teknologi dan media terhadap keluarga. Common Sense Media mewawancarai sekitar 1.000 orang tua beserta anak-anaknya.

“Mereka seolah tidak ada jeda untuk menatap cahaya layar ponsel,” kata CEO Common Sense Media, James Steyer, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (4/6/2019).

{Baca juga: Apakah Anda Mengidap Nomophobia alias Kecanduan Ponsel?}

Orang tua dan anak-anak mengatakan bahwa perangkat seluler sangat memengaruhi kehidupan keluarga. Mereka bahkan mengaku terkadang berebut perangkat seluler. Mereka bermain gawai sampai lupa kapan harus makan.

“Keasyikan bermain perangkat memicu kurang tidur yang berakibat terhadap masalah kesehatan mental dan fisik. Kinerja akademik dan kognitif pun menurun. Saya mendesak orangtua untuk mencermati hal itu,” imbuh Steyer.

Dari hasil penelitian Common Sense Media, terungkap bahwa 39 persen remaja mengharapkan orangtua bisa lepas dari perangkat ponsel. Ironisnya, 45 persen orangtua justru mengaku tidak bisa lepas dari ponselnya.

{Baca juga: Anak-Anak Hanya Tahan 7 Menit Tanpa Ponsel}

Berdasarkan riset, 38 persen remaja juga merasa orang tua telanjur kecanduan perangkat seluler. Hal tersebut berbanding lurus dengan data yang menyebut bahwa 52 persen orangtua menghabiskan banyak waktu demi gawai. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here