Heboh! Sunda Empire Masuk Laman Wikipedia PBB

Telset.id, Jakarta – Kontroversi mengenai Sunda Empire terus terjadi akhir-akhir ini. Yang terbaru, kelompok yang dipimpin HRH Ki Ageng Ranggasasana itu diduga merekayasa laman Wikipedia soal PBB. Kejadian ini pertama kali diungkap oleh ahli telematika, Roy Suryo lewat akun Twitter pribadinya, @KRMTRoySuryo2 pada Jumat (24/01).

Pada cuitannya, Twitter Roy Suryo mengatakan bahwa naskah sejarah PBB direkayasa pada Selasa (22/01), dan diduga dilakukan oleh Sunda Empire.

“Tweeps, Ini Naskah asli Wikipedia ttg Sejarah PBB yg benar, dimana Sidang 1 tgl 10/01/46 di Methodist Central Hall, Westminster, London, yg DIREKAYASA bbrp hari lalu (22/01/20) menjadi di “Jl. Setiabudhi, Bandung” (?) oleh Sunda Empire. Benar2 KEBOHONGAN PUBLIK yg menyesatkan,” tulis Roy Suryo, disertai emoticon marah.

{Baca juga: Dari Avengers Hingga Trump, Ini 25 Artikel Terviral Wikipedia}

Kicauan politisi tersebut mendapat banyak respon dari warganet. Akun @fahmiridwan misalnya, yang mendukung upaya mantan anggota DPR RI tersebut untuk mengungkap beragam kontroversi mengenai Sunda Empire.

Kemudian akun @fendi_1977 yang turut meminta Roy Suryo untuk tidak perlu membahas mengenai Sunda Empire. Sebab menurutnya, semua orang tidak ada yang percaya mengenai informasi yang diungkapkan kelompok tersebut.

Wikipedia pun langsung merespon. Melalui akun resmi Twitter, Wikipedia indonesia mengumumkan bahwa pihaknya telah menyunting kembali artikel mereka terkait Sunda Empire di Wikipedia PBB.

{Baca juga: Anggap Wikipedia Tak Berguna, Putin Bikin Situs Ensiklopedia Sendiri}

“Saat ini kontributor Wikipedia telah usai menangani kasus perubahan informasi di artikel PBB dan NATO. Kedua artikel tersebut kini sudah diperbaiki dan diberikan pelindungan agar kejadian serupa tak terulang kembali,” cuit @idwiki.

(NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0