Heboh di Twitter, Tokopedia Jelaskan Soal Ustad Haikal Hassan

#UninstallTokopedia Ustad Haikal Hassan

Telset.id, Jakarta – Tokopedia akhirnya buka suara terkait kehadiran Ustad Haikal Hassan di acara bertajuk Ria Miranda The Seventh Annual Show yang berbuntut trending-nya tagar #UninstallTokopedia. Perusahaan berdalih jika kehadiran Ustad Haikal merupakan inisiasi dari Ria Miranda sendiri.

Lewat keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Sabtu (30/11/2019), VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan bahwa konsep acara berasal dari Ria Miranda, termasuk dengan menghadirkan Ustad Haikal Hassan pada Kamis (28/11/2019).

“Seluruh konten, konsep dan pengisi acara RMTS2020 merupakan sepenuhnya inisiasi dari RiaMiranda, dan kerja sama antara Tokopedia dengan RiaMiranda kali ini adalah untuk menghadirkan koleksi terbaru ‘Serunai’ yang bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif baik di Official Store maupun Tokopedia Salam,” ujar Nuraini.

{Baca juga: Twitter Ramai Tagar #UnistallTokopedia, Ada Apa?}

Selain itu Nuraini mengatakan bahwa Tokopedia adalah perusahaan yang mendukung kreator lokal seperti Ria Miranda. Namun unicorn tersebut menegaskan sebagai perusahaan yang menghargai keberagaman dan menentang tindakan diskriminasi.

“Kami ingin menegaskan bahwa Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang menghargai pandangan setiap masyarakat Indonesia. Sebagai institusi, Tokopedia menentang keras adanya diskriminasi SARA, radikalisme, serta pihak-pihak atau aktivitas apa pun yang merusak persatuan bangsa,” tutup Nuraini.

Sebelumnya netizen pada Sabtu pagi (30/11/2019) ramai-ramai di Twitter menyerukan #UninstallTokopedia. Alasannya karena netizen menilai jika Tokopedia mendukung gerakan intoleransi akibat mengudang Ustad Haikal Hassan.

Menurut situs Trends24, tagar #UninstallTokopedia berada di urutan ketiga trending topic Twitter Indonesia. Tagar tersebut dibawah tagar #SabtuRebahan dan tagar #winterepiphanytaejin. Lantas bagaimana awalnya tagar #UninstallTokopedia terjadi?

{Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online Gratis Terbaru 2019}

Kemungkinan besar terkait kehadiran Ustad Haikal Hassan dalam sebuah acara bertajuk Ria Miranda The Seventh Annual Show Kamis (28/11/2019).  Kehadiran Ustad Haikal ini sempat diposting oleh akun @TolakBigotRI, akun tersebut juga bertanya mengapa Tokopedia mengundang sang Ustad. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here