Home NGEHITS Hati-hati! Semut Beracun Ini di Perangkat Anda

Hati-hati! Semut Beracun Ini di Perangkat Anda

Telset.id, Jakarta – Sekelompok semut yang bisa meledak bernama Colobopsis explodens teridentifikasi dalam makalah penelitian pada minggu ini. Semut tersebut benar-benar bisa meledak dengan mengeluarkan cairan kuning beracun.

Mengutip Slashgear, semut itu meledak tidak seperti bom. Colobopsis explodens meledak secara lentur, sobek di bagian tubuh, lalu keluarlah cairan kuning beracun membahayakan. Anda mungkin akan merasa sangat jijik ketika menyaksikannya.

Colobopsis explodens adalah spesies semut terbaru dalam kelompok Colobopsis cylindrica. Kelompok Colobopsis cylindrica dikenal dengan nama semut eksploratif.

Colobopsis cylindrica teridentifikasi pada 1935. Meski sudah ada sejak lama, semut tersebut baru mulai dikenal lagi setelah terpergok mengeluarkan cairan kuning beracun.

Semut yang belum lama diketahui meledak adalah anggota kelompok Colobopsis cylindrica. Colobopsis cylindrica sebelumnya dikenal dengan nama Colobopsis sundersi.

“Selama pertempuran teritorial, beberapa spesies Colobopsis cylindrica mengorbankan diri dengan menghancurkan perut dan melepaskan cairan lengket yang membuat kulit iritasi. Mereka melakukannya untuk mengusir para musuh,” ujar peneliti.

Baca juga: “Manusia Ikan” Suku Bajau Mampu Menyelam 70 Meter

Temuan soal Colobopsis explodens memang tak berkaitan dengan perangkat yang Anda pakai sehari-hari.

Namun, setidaknya, membaca artikel ini Anda jadi bisa melakukan antisipasi manakala tiba-tiba ada semut menjijikkan sekaligus berbahaya tersebut di papan tombol komputer atau laptop di rumah. [SN/HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version