Google Ulang Tahun Ke-22, Begini Tampilan Google Doodle

Telset.id,Jakarta – September 2020 adalah bulan yang istimewa bagi Google. Hari ini, tepatnya 27 September, mesin pencarian ini merayakan hari jadinya yang ke-22. Google Doodle pun menampilkan ilustrasi menarik untuk memperingati hari ulang tahun Google. Seperti apa tampilannya?

Ya, tampilan Google Doodle bisa Anda lihat di halaman depan mesin pencari. Dimana terlihat  ada ilustrasi huruf-huruf yang merayakan ulang tahun secara virtual melalui aplikasi video conference.

Dari tempat yang berbeda-beda mereka tetap gembira walau harus menjaga jarak. Ilustrasi Google Doodle tahun ini sepertinya mengikuti situasi dunia yang masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19.

Ulang Tahun Google

Sementara melansir dari laman Google Doodle pada Minggu (27/09/2020), tidak ada penjelasan mengenai makna dari ilustrasi ini. Google Doodle hanya menceritakan sedikit mengenai sosok awal kehadiran Google.

Awal kehadiran Google bermula saat Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

{Baca juga: Kompor Meleduk!! Ada Benyamin Sueb di Google Doodle Hari Ini}

Kedua mahasiswa pascasarjana tersebut awalnya ingin meningkatkan cara orang berinteraksi dan mencari informasi di World Wide Web atau WWW karena ketika itu internet mulai berkembang namun tidak ada ruang khusus untuk mencari informasi dengan cepat.

Kemudian mereka mematenkan teknologi PageRank yaitu teknologi yang mampu menentukan peringkat suatu situs tertentu. Teknologi tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan Google sehingga pada tanggal 27 September 1998 Google lahir.

“Pada tahun 1998, Google lahir, dan sisanya adalah sejarah,” tulis Google Doodle.

Kata “Google” sendiri terinspirasi dari ahli matematika Amerika Serikat, Edward Kasner. Pada tahun 1920 Kasner meminta keponakannya, Milton Sirotta untuk memberi nama pada bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol.

Dengan polosnya, Milton pun menyebut kata “googol” dan pada tahun 1940 kata tersebut diabadikan oleh Kasner dalam buku yang berjudul “Mathematics and the Imagination”. Kata tersebut yang menginspirasi Larry Page dan Sergey Brin memberi nama Google.

Perlahan Google pun berkembang menjadi mesin pencari nomor 1 di dunia karena selalu menjadi rujukan pengguna internet untuk mencari sesuatu. Bahkan karena sering digunakan untuk mencari informasi pada tahun 2006 kata Google masuk ke dalam kamus.

{Baca juga: Google Doodle Tampilkan Subak Bali, Warisan Dunia Asli Indonesia}

Kamus Inggris Oxford telah menambahkan kata Google sebagai kata kerja karena terinspirasi dari prilaku pengguna Google. Jadi, Selamat Ulang Tahun Google. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here