Semangat Netizen Indonesia Rayakan Hari Kartini di Tengah Covid-19

Selamat Hari Kartini

Telset.id, Jakarta Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April dirayakan masyarakat Indonesia tahun ini di tengah-tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. Meski demikian, netizen Indonesia tetap bersemangat merayakan Hari Kartini di Twitter. Mereka mencuit beragam postingan kreatif di Twitter. Seperti apa?

Berdasarkan pantauan Telset.id dari Trends24 pada Selasa (21/04/2020), kalimat “Selamat Hari Kartini” berada di urutan teratas topik pembicaraan netizen di Indonesia.

Topik tersebut mengalahkan berbagai topik atau tagar lainnya yang juga dibicarakan oleh netizen melalui Twitter.

{Baca juga: Wabah Corona, Pasangan Ini Gelar Acara Pernikahan di Game}

Tagar Selamat Hari Kartini

{Baca juga: Warganet Tolak Status Darurat Sipil yang Diterapkan Presiden Jokowi}

Akun @Haidar_Bagir misalnya. Ia mengunggah postingan kreatif di Twitter yang menampilkan seorang perempuan berkebaya yang mengenakan masker. Tak lupa, ia pun mengucapkan “Selamat Hari Kartini”.

“Poster ini bagus sekali dari banyak segi. Selamat Hari Kartini…,” kata @Haidar_Bagir.

Begitu juga dengan akun @BoyAzwir2 yang mengunggah video pendek yang memperlihatkan 3 perempuan, yakni RA Kartini, Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Majulah perempuan2 Indonesia berprestasi dan jadi kbanggan kluarga dan bangsa #kartiniday,” kata @BoyAzwir2. 

Selain postingan gambar, terdapat cuitan-cuitan berisi ucapan yang sama. Cuitan mereka sebagian besar berisi harapan supaya perempuan Indonesia bisa terus berkarya.

“Selamat Hari Kartini wanita-wanita hebat Indonesia,” cuit akun @_ayususilo11.

Sama halnya dengan akun @mhmd_dandi20 yang berharap supaya semangat RA Kartini yang berjuang mengangkat derajat perempuan bisa dijaga oleh perempuan generasi saat ini. “semoga jiwamu masih ada di generasi sekarang,” cuitnya.

{Baca juga: Warganet Dihebohkan Pesan Internet Gratis dari Pemerintah}

Perlu diketahui, Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Selama hidupnya, RA Kartini terus berjuang mengangkat derajat perempuan Indonesia.

Pemikirannya ditulis lewat bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang.” Kartini meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here