telset

Google Rayakan Ulang Tahun ke-21 Lewat Doodle “Komputer Jadul”

Telset.id, Jakarta Google ulang tahun ke-21 pada Jumat (27/09). Raksasa pencarian ini merayakannya dengan menghadirkan Google Doodle berupa komputer jadul keluaran 21 tahun lalu.

Komputer retro itu hadir kala mahasiswa Stanford dan pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, menerbitkan sebuah makalah berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”.

Di dalam makalah tersebut, mereka menguraikan soal Google, sebuah prototipe mesin pencari berskala besar yang memiliki database setidaknya 24 juta halaman. Mereka pun membeberkan alasannya.

{Baca juga: Tanpa Google, Huawei Mate 30 Series akan Masuk Indonesia}

“Kami memilih nama Google karena merupakan ejaan umum dari googol atau 10100 dan sangat cocok dengan tujuan untuk membangun mesin pencari berskala sangat besar,” kata mereka dalam pengantar.

Dalam waktu 21 tahun sejak Brin dan Page menjabarkan visi untuk sistem mesin pencari, Google ternyata tumbuh secara dramatis. Mesin pencari Google sekarang mengindeks ratusan miliar halaman situs.

Google ulang tahun

{Baca juga: 3 Aplikasi “Emoji iOS” untuk Smartphone Android}

Namun, perusahaan telah berubah dari yang awalnya sederhana menjadi kekuatan paling dominan dalam periklanan. Google sekarang memiliki perusahaan induk, Alphabet, dengan sejumlah “tentakel”.

Menurut CNET, dikutip Telset.id, Google kini menyentuh segala sektor, mulai mobil otonom hingga perangkat lunak berupa sistem operasi Android. Akhirnya, kami ucapkan selamat ulang tahun ke-21 buat Google. (SN/FHP)

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0