Google Rayakan Hari Perempuan Sedunia dengan Animasi Kertas

Hari Perempuan Sedunia

Telset.id, Jakarta – Google Doodle pada Minggu (08/03/2020) merayakan Hari Perempuan Sedunia. Mesin pencari tersebut menampilkan video animasi kertas yang bercerita tentang sejarah perjuangan perempuan.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Google, animasi kertas tersebut dibuat oleh London Julie Wilkinson dan Joyanne Horscroft dari Makerie Studio. Dua seniman asal New York, Amerika Serikat tersebut juga dibantu oleh animator yang bermarkas di Zurich Marion Willam dan Daphne Abderhalden dari DRASTIK Gmbh. Seniman asal Swiss tersebut yang kemudian mengubah animasi kertas ke dalam bentuk video.

Animasi tersebut memperlihatkan perjuangan perempuan lintas generasi. Pertama pada animasi dengan latar hitam dan putih, merupakan perjuangan tahun 1800-an dan 1930-an. Pada tahun tersebut perempuan berjuang untuk mendapat keadilan bersama serikat buruh.

{Baca juga: Google Doodle Peringati Hari Batik Nasional}

Kemudian di barisan kedua merupakan gambaran perempuan di tahun 1950-an hingga 1980-an. Era tersebut sangat penting karena perempuan mulai untuk mendapatkan kesetaraan gender dengan laki-laki.

Ketiga melambangkan perempuan dari tahun 1990-an hingga saat ini, dimana mereka saat ini sangat menghormati 100 tahun gerakan para aktivis hak perempuan pada masa lalu. Perjuangan perempuan di masa lalu yang menjadikan perempuan saat ini bisa mendapatkan keadilan di kehidupan mereka.

“Ia memberi penghormatan kepada penghalang hambatan dari peran budaya dan gender sebelumnya, ketika perempuan terus mempertanyakan, merebut kembali, dan mendefinisikan kembali gagasan tentang peran yang diambil perempuan dalam masyarakat,” tulis Google.

Sebelumnya Google Doodle memang rajin menampilkan beragam konten untuk merayakan sebuah hari besar atau ulang tahun seorang tokoh. Misalnya tahun lalu Google juga  memperingati Hari Ayah Nasional.

{Baca juga: So Sweet! Google Doodle Ikut Rayakan Hari Ayah Nasional}

Google menampilkan doodle yang memperlihatkan sekumpulan anak burung dengan burung besar. Gambaran tersebut merepresentasikan hubungan antara ayah dan juga anak. Google Doodle Hari Ayah Nasional juga terasa berbeda. Sebab, raksasa pencarian itu memberikan tiga tampilan pada doodle-nya. [NM/IF]

 

SOURCEGoogle
Previous articleCegah Penyebaran Corona, Giliran Stanford Gelar Kelas Online
Next articleGemakan Tagar #InternationalWomensDay, Ini Harapan Perempuan Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here