Google Doodle Rayakan Ultah Sulianti Saroso, Siapa Dia?

Telset.id, Jakarta – Google Doodle merayakan Ulang Tahun Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso ke-106 tahun hari ini tanggal 10 Mei 2023, serta mengenang jasanya yang sangat berpengaruh bagi dunia medis di Indonesia.

Ada yang berbeda tampilan Google Search hari ini, karena menampilkan ilustrasi dokter perempuan yang sedang mengecek kesehatan seorang anak. Kemudian saat Anda klik, akan muncul informasi kalau ilustrasi tersebut adalah Dokter Sulianti Saroso.

Dalam ilustrasi tersebut Dr. Sulianti Saroso tampil dalam beberapa adegan. Selain adegan merawat perempuan, terlihat juga ilustrasi Dr. Sulianti Saroso sedang berpidato dan sedang meneliti sesuatu menggunakan mikroskop.

Google Doodle Prof Dr Sulianti Saroso

“Doodle hari ini merayakan Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso yang merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia dan diilustrasikan oleh artis tamu Lenny.┬áProf. Dr. Saroso mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat rentan mengakses layanan kesehatan yang berkualitas,” tulis Google Doodle.

BACA JUGA:

Profil Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso

Melalui situs resmi sebagaimana dikutip Telset pada Rabu (10/05/2023), Google Doodle menjelaskan mengenai profil Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso.

Sulianti Saroso lahir 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali. Ayahnya yang bernama Sulaiman adalah seorang dokter dan menginspirasi minat Sulianti pada kedokteran di usia muda.

Perempuan asal Bali itu pun belajar kedokteran di Sekolah Geneeskundige Hoge dan lulus tahun 1942. Setelah itu Dokter Sulianti Saroso melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat, di mana dia memperoleh beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat.

Prof Dr Sulianti Saroso

Di luar negeri pula, Prof. Dr. Saroso juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Pulang ke Indonesia tahun 1952, dirinya membantu membawa pendidikan seputar Keluarga Berencana (KB), di Indonesia.

Tak lama setelah itu, Dr. Saroso bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah karir yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, Prof. Dr. Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga pada tahun 1969 dan membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya.

Lalu mendapatkan amanat sebagai Presiden perempuan kedua di Majelis Kesehatan Dunia atau World Health Assembly, dan beberapa organisasi lainnya.

Mulai dari Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika hingga Komisi Nasional Perempuan Indonesia. Dokter Sulianti Saroso meninggal dunia pada tanggal 29 April 1991.

BACA JUGA:

Walaupun sudah tiada jasa Dokter Sulianti Saroso sangat besar untuk dunia kedokteran di Indonesia, sehingga pada April 1995 Pemerintah Indonesia mendirikan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta Utara.

“Selamat ulang tahun ke-106, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso! Komitmen Anda yang tak tergoyahkan terhadap pemerataan layanan kesehatan mengubah arah kedokteran di Indonesia,” tutup Google Doodle. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI