telset

Google Assistant Kini Lebih Manusiawi

Telset.id, Jakarta – Baru-baru ini muncul paper yang diterbitkan oleh para peneliti Google. Pada paper tersebut, terungkap jika raksasa pencarian ini sedang mengembangkan sistem Google text-to-speech yang mampu lebih manusiawi dibandingkan sebelumnya.

Paper yang diberi judul “Natural TTS Synthesis by Conditioning WaveNet on Mel Spectrogram Predictions” itu secara garis besar membahas soal Artificial Intelligence (AI) bernama Tacotron 2. Ai ini memungkinkan sistem Google text-to-speech menghasilkan reproduksi suara yang mendekati suara manusia.

Agar bisa mencapai tingkatan sejauh ini, Tacotron 2 memanfaatkan sepasang metode dari algoritma neural networks atau jaringan syaraf tiruan. Satu algoritma dibuat untuk membuat representasi visual dari frekuensi audio tertentu, sedangkan lainnya dibuat untuk menciptakan data visual yang diolah menjadi sebuah suara atau disebut sebagai WaveNet.

[Baca Juga: Tambah Pintar, Google AI Bisa Beri Rating Foto]

Dilansir dari Android Authority, dengan dikembangkannya Tacotron 2 kemungkinan besar Google menginginkan asisten pribadi berbasis AI buatan mereka yakni Google Assistant akan lebih manusiawi. Selain itu, disinyalir nantinya Google Assistant pun akan jauh “lebih akrab” dengan penggunanya karena memiliki kosakata percakapan yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Untuk membuktikan kecanggihannya, Google bahkan menyertakan sebuah situs yang memperlihatkan kemampuan Tacotron 2 dalam bercakap. Jika Anda dengarkan dengan seksama, maka Tacotron 2 mampu mengucapkan berbagai kalimat dengan intonasi yang berbeda-beda. Tak hanya itu, kata-kata atau frasa yang sulit pun bisa diucapkan dengan cukup mudah oleh AI ini.

Yang menarik, di bagian akhir situs, Google menyertakan perbandingan audio yang dihasilkan oleh suara manusia dan Tacotron 2. Jika didengarkan dengan seksama, maka kedua suara tersebut sulit untuk dibedakan, mana yang diucapkan manusia dan mana yang diucapkan oleh sebuah AI.

[Baca Juga: Gunakan AI, NASA dan Google Temukan Planet Baru]

“Dalam contoh ini, salah satunya adalah yang dihasilkan Tacotron 2, dan salah satunya adalah rekaman manusia, tapi yang mana?” tanya Google menguji kehebatan AI ciptaannya.

Well, bisakah Anda membedakan mana suara AI dan mana suara asli yang dihasilkan manusia? (FHP/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0