Geser Bill Gates, Bos Amazon Orang Terkaya Sejagat

Telset.id, PARIS – Setelah cukup lama memegang singgasana orang terkaya sejagat, pendiri Microsoft, Bill Gates harus merelakan singgasananya direbut oleh Jeff Bezos. Bos raksasa e-commerce, Amazon itu didapuk menjadi orang terkaya di dunia oleh majalah Forbes.

Seperti dilansir chanelnewsasia.com, Rabu (7/3/2018), kekayaan Bezos semakin meroket karena kenaikan 59% saham Amazon selama 12 bulan terakhir. Saat ini, jumlah kekayaan Bezos diperkirakan mencapai US$ 120 miliar.

Kekayaan Bezos itu jauh melampaui Gates yang mencetak kekayaan US$ 90 miliar. Perbedaan angka kekayaan antara posisi pertama dan kedua ini menjadi celah yang terbesar dalam peringkat Forbes.

Sebelum mengalami pertumbuhan positif, saham Amazon sempat turun 1,14 persen sehingga menimbulkan kapitalisasi pasar senilai US$ 690,4 miliar atau setara Rp 9,399 kuadriliun.

Berbeda dengan Amazon, saham Microsoft justru melemah menjadi 1,83%. Kapitalisasi pasar perusahaan yang digagas Gates itu hanya selisih tipis dengan Amazon, yaitu US$ 690,3 miliar atau setara Rp 9,397 kuadriliun.

Sementara itu, Investor legendaris Warren Buffett, yang juga pemilik saham Apple, berada di peringkat ketiga. Sedangkan posisi keempat ditempati industrialis Prancis Bernard Arnault, yang melompat jauh dari posisi 11, akibat fluktuasi dolar AS terhadap euro.

Sedangkan pendiri Facebook Mark Zuckerberg bercokol di posisi kelima dalam daftar orang terkaya menurut Forbes. Dua milyarder China juga masuk dalam daftar , yakni, CEO Tencent, Ma Huateng yang merupakan orang terkaya di Asia berada di posisi 17 dunia. Selanjutnta adalah pendiri Alibaba Jack Ma.

Dalam daftar ini, peringkat Presiden AS Donald Trump jatuh ke posisi 766 dari 544 pada tahun lalu. Kekayaan pengusaha properti, hotel dan perjudian tersebut saat ini diperkirakan mencapai US$ 3,1 miliar, atau merosot US$ 400 juta dari setahun yang lalu.

[Baca juga: Amazon Setop Jual Produk Google]

Forbes juga mencatat saat ini 2.208 miliarder di dunia, atau mencapai recor baru, dengan nilai gabungan kekayaan mencapai US$ 9,1 triliun, atau naik 18% dari tahun lalu. Dari daftar ini, AS memiliki jumlah miliarder paling banyak (585), diikuti oleh China (373).

Ada juga 259 nama baru yang masuk daftar forbes, termasuk miliarder mata uang digital (cryptocurrency) pertama. Disisi lain ada 121 orang yang keluar dari daftar terkaya, termasuk 10 warga Arab Saudi. [WS/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here