Amazon Setop Jual Produk Google

Telset.id, JAKARTA – Amazon dikabarkan menyetop menjual produk terbaru Nest, thermostat besutan Google. Pasca kabar ini, Nest telah hengkang dari situs toko online terbesar di dunia tersebut.

Tim ritel Amazon mengatakan kepada Nest bahwa situs e-commerce itu tidak akan mencantumkan produk baru mereka. Produk tersebut termasuk termostat baru Nest dan sistem keamanan Securehome yang diluncurkan akhir tahun lalu.

Menurut informasi yang dirangkum dari halaman Endgadget, pihak yang mengeluarkan keputusan tersebut belum jelas, hanya dikatakan “berasal dari atas”. Bisa jadi bos Amazon Jeff Bezos berada di belakang langkah tersebut atau bisa juga tidak, karena tidak jelas.

[Baca juga: Ini Dia 7 Produk Google yang Kurang Mengesankan]

Dengan kabar ini, begitu persediaan Nest di Amazon terjual habis, maka tidak akan ada stoknya lagi. Langkah Nest ini juga belum diikuti kejelasan apakah penjual pihak ketiga pun tidak dapat mencantumkan perangkat Nest di pasar.

Perwakilan Amazon mengatakan bahwa perusahaannya tidak mengeluarkan tanggapan resmi terhadap laporan tersebut, namun dia juga tidak menyangkalnya.

Sebelumnya,  Amazon baru saja membeli bisnis bel rumah pintar Ring, yang diharapkan dapat mengintegrasikan ke dalam ekosistemnya dan untuk menemukan berbagai kemungkinan Alexa tie-ins.

Selain membuat perangkat sendiri seperti Cloud Cam, Amazon juga mengakuisisi perusahaan keamanan Blink, yang membuat bel pintu dan kamera keamanan nirkabel yang cerdas, pada Desember lalu.

Amazon pertama kali mengobarkan perang melawan Google kembali pada 2015 saat menarik daftar Chromecast (dan Apple TV) karena kurangnya dukungan Video Utama. Google kemudian memblokir perangkat Echo Show dan Fire TV untuk mengakses YouTube karena “kurangnya timbal balik.”

Hubungan antara perusahaan ini kelihatan mulai membaik pada Desember ketika Amazon mengumumkan bahwa mereka akan mulai menjual Chromecast (dan Apple TV) lagi. Tapi jika laporan ini benar, maka perang antara kedua raksasa itu masih jauh dari selesai.

[Baca juga: Akhirnya, Nilai Saham Amazon Ungguli Microsoft]

Google merupakan raksasa pencarian yang berawal dari sebuah garasi di tahun 1998. Saat ini, Google sudah mengeluarkan berbagai produk yang sukses di pasaran selain aplikasi yang sukses, ada produk “nyata” lainnya seperti Chromecast dan Chromebooks.[WS/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI