Foto Matahari Beresolusi Tinggi Dirilis NASA, Hasilnya Bikin Takjub

Telset.id, Jakarta Foto matahari dengan resolusi tinggi baru saja dirilis NASA. Dalam foto matahari tersebut, tampak bintik-bintik di permukaan yang dipenuhi dengan untaian plasma panas.

Foto matahari yang diabadikan via teleskop NASA ini juga menunjukkan bahwa atmosfer dari pusat tata surya tersebut jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan.

Para peneliti dari University of Central Lancashire dan Marshall Space Flight Center kemudian mempelajari bidikan menggunakan teleskop resolusi tinggi NASA itu.

{Baca juga: Ilmuwan Bingung Galaksi Monster ‘Mati’ Tanpa Tanda-tanda}

Dari foto matahari dengan resolusi tinggi, para ilmuwan menyadari bahwa atmosfer matahari yang sebelumnya dianggap gelap atau kosong sebenarnya dipenuhi dengan ratusan mil untaian gas listrik panas.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Senin (13/04/2020), setiap helai dilaporkan memiliki suhu mencapai 1,8 juta derajat Fahrenheit atau 999.982 derajat Celcius.

Foto Matahari Resolusi Tinggi

Ukurannya juga sangat besar, lebih besar dari jarak antara London dan Belfast. Sampai-sampai teleskop yang menangkap gambar dibawa ke luar angkasa di roket sub-orbital.

{Baca juga: Bukan Lagi Misteri, Ternyata Begini Rupa Permukaan Matahari}

Amy Winebarger, penyelidik utama Hi-C di NASA, mengatakan bahwa teleskop kemudian menangkap gambar matahari resolusi tinggi setiap detik sebelum kembali ke Bumi.

“Seiring misi yang sedang berlangsung, armada instrumen berbasis ruang akan mengungkap lapisan luar dinamis matahari dalam cahaya yang sama sekali baru,” ujarnya. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -