Social Distancing, Siswa Ini Pakai Topi ala Dinasti Song

Social Distancing topi Dinasti Song

Telset.id, Jakarta  – Dalam beberapa bulan terakhir, marak video buatan orang-orang kreatif di tengah kebijakan social distancing atau jarak sosial. Ada yang mengenakan kostum aneh dan lucu, ada juga pakai topi ala Dinasti Song seperti di China.

Benda-benda yang mereka pakai atau pegang secara harafiah tidak masuk akal. Namun, hal tersebut memang sedang menjadi tren. Tak mau kalah, dilansir Ubergizmo, seorang siswa sekolah dasar di China melakukan hal yang sama saat social distancing.

{Baca juga: Social Distancing Paksa Siswa di Jepang Rayakan Kelulusan di Minecraft}

Dalam foto yang baru-baru ini muncul, tampak siswa SD Yangzheng di China itu mengangkat tema Dinasti Song nan kuno (960-1279). Dikutip Telset.id, Rabu (29/4/2020), ia mengenakan aksesori topi ala Dinasti Song di dalam ruangan.

Jika Anda pernah menonton film atau acara TV bertemakan China kuno, topi yang dikenakan oleh siswa itu mungkin cukup familiar. Topi tersebut mempunyai “sayap” berukuran cukup panjang di setiap sisi, baik kiri maupun kanan.

Topi tersebut sebenarnya tidak dirancang sebagai cara untuk mempraktikkan jarak sosial. Menurut cerita, Kaisar Taizu saat Dinasti Song berkuasa mengenakannya untuk mempertahankan etika istana dan mencegah orang lain bersekongkol.

Sang kaisar percaya bahwa sayap -sayap di topi akan menyulitkan para pejabat untuk saling berbisik tanpa saling menusuk muka. Hal tersebutlah yang membuat orang-orang akan sulit untuk bersekongkol melawannya saat sidang.

{Baca juga: Tingkah Orang Hindari Corona Pakai APD dan Masker Nyeleneh}

Berbicara kepada surat kabar lokal Zhejiang Daily, Hong Feng, kepala sekolah SD itu, mengatakan bahwa topi tersebut memang inovasi para guru dan siswa. Tujuannya untuk menjaga jarak satu meter di tengah pendemi Covid-19. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here