Di Stasiun Ini, Download Video 4K Pakai WiFi Cuma 20 Detik

Stasiun Shanghai Hongqiao
Foto: Wikimedia Commons

Telset.id, Jakarta – Stasiun Shanghai Hongqiao di China tak lama lagi akan terintegrasi dengan teknologi 5G yang dikembangkan oleh China Mobile Shanghai dan Huawei. Dengan teknologi tersebut, nantinya pengunjung stasiun dapat download video 4K dalam waktu kurang dari 20 detik.

Stasiun ini sendiri menjadi debut pertama Huawei dan China Mobile Shanghai dalam mengembangkan teknologi 5G Digital Indoor System (DIS).

Teknologi 5G tersebut nantinya akan dapat dirasakan pengunjung pada akhir 2019 mendatang. Ketika sudah bisa digunakan, para pengunjung Stasiun Shanghai Hongqiao bisa menikmati berbagai layanan berbasis 5G seperti game AR/VR, film 4K HD, atau panggilan video ultra-HD.

{Baca juga: Qualcomm Soal Perangkat 5G: Setidaknya Ada 30 Tahun Ini}

Menurut DailyMail, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (20/02/2019), pengunjung juga bisa download video beresolusi tinggi hingga 2 GB menggunakan koneksi WiFi 5G dalam waktu kurang dari 20 detik!

Bahkan, hal itu bisa dilakukan ketika stasiun sedang ramai. Perlu dicatat, di stasiun Shanghai Hongqiao, jumlah penumpang bisa mencapai 300 ribu per harinya.

Sekadar informasi, selama ini kemacetan data membuat koneksi lambat, bahkan untuk sekadar memutar video online di jaringan 4G. Akan tetapi, dengan adanya teknologi 5G dari Huawei dan China Mobile Shanghai, kecepatan internet dapat mencapai 1,2 GB per detiknya.

{Baca juga: Musuhan dengan Huawei, Kanada Pilih Nokia untuk Proyek 5G}

Diprediksi, pada September tahun ini stasiun tersebut akan sepenuhnya ditutupi dengan sistem jaringan 5G. Pejabat pemerintah setempat mengatakan, stasiun itu akan memimpin penyebaran komersial jaringan 5G di Shanghai.

“Sistem indoor digital 5G akan memberi pengalaman perjalanan. Penumpang akan lebih menikmati fasilitas dan layanan. Hal itu akan membantu mempercepat transformasi digital untuk semua sektor di seluruh ekonomi digital,” jelasnya. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here