Desainer Turtleneck Steve Jobs Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Telset.id, Jakarta – Desainer tersohor Issey Miyake dikabarkan meninggal dunia di usia 84 tahun, pada Jumat, 5 Agustus 2022 lalu. Salah satu rancangan Miyake yang terkenal adalah baju “turtleneck” yang dikenakan Steve Jobs.

Desainer turtleneck Steve Jobs, Issey Miyake, lahir di Hiroshima, Jepang, pada April 1938 silam. Ia diketahui cukup lama menderita kanker hati.

Miyake adalah sosok di balik turtleneck hitam nan ikonik milik Steve Jobs. Almarhum berpesan agar upacara pemakaman secara publik ditiadakan.

Telset kutip dari Apple Insider, Selasa (9/8/2022), upacara pemakaman khusus keluarga dan teman-teman dekat berlangsung secara tertutup.

BACA JUGA:

Miyake pernah sekolah desain grafis di Tama Art University di Tokyo dan desain pakaian di Paris. Ia berambisi menjadi penari atau atlet atletik.

Ia bekerja dengan desainer besar di Paris, termasuk Guy Laroche dan Hubert de Givenchy, sebelum ke New York dan kembali ke Tokyo pada 1970.

Miyake terkenal sebagai perancang busana yang memakai lipatan, menempatkan kain di antara lapisan kertas dan memasukkannya ke mesin.

Teknik tersebut membawa Miyake kondang pada  akhir 1980-an. Ia lalumenemukan banyak lini mode, baik pakaian pria, wanita, hingga aksesori.

Miyake menerima pengakuan internasional, termasuk Legiun Kehormatan dari Prancis pada 2016. Ia menjadi yang pertama dianugerahi Hadiah Kyoto.

Miyake pindah untuk pensiun pada 1997, mengalihkan fokus ke penelitian. Dari semua karyanya, paling terkenal adalah turtleneck Steve Jobs.

Berteman dengan seorang pendiri Apple, Miyake pada awal 1980-an diminta untuk memproduksi turtleneck hitam. Ia memproduksi 100 buah.

Pakaian itu jadi ikon Jobs. Pendiri Theranos, Elizabeth Holmes, penggemar berat Jobs, mengenakan turtleneck hitam untuk mengikuti sang idola.

Lahir dan dibesarkan di Hiroshima, menyaksikan bom atom pada usia tujuh tahun, Miyake menolak untuk berbicara tentang insiden tersebut.

Sekarang, Miyake telah berpulang untuk selama-lamanya. Ia meninggalkan karya-karya hebat bagi dunia fesyen, termasuk “kostum” Jobs.

BACA JUGA:

Miyake menyusul sang sahabat yang dihadiahi turtleneck hitam nan ikonik ke tempat terbaik di dunia lain. Jagat mode dan Apple pun kehilangannya.

Dari persahabatan Jobs dan Miyake, satu karya besar yang sekarang tertinggal dan sangat dikenal oleh orang-orang di dunia adalah turtleneck hitam. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0