Jatah Cuti Bersama Desember 2020 Bakal Dikurangi, Warganet Heboh

Telset.id, Jakarta – Masyarakat kaget mendengar kabar bahwa Presiden Jokowi bakal mengurangi jatah cuti bersama pada Desember 2020 mendatang. 

Kabar tersebut dikatakan dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (23/11/2020).

Ia menyampaikan permintaan Presiden Jokowi pada rapat terbatas dengan para menteri kabinet Indonesia Maju. Jokowi memberikan arahan supaya cuti bersama pada Desember 2020 sebagai pengganti Hari Raya Idul Fitri dikurangi.

“Kemudian yang berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Bapak Presiden berikan arahan supaya ada pengurangan,” kata Muhadjir. 

{Baca juga: Presiden Jokowi Teken UU Cipta Kerja, Warganet Kecewa}

Selain itu, presiden pun meminta kepada jajaran menteri untuk melakukan koordinasi dan menindaklanjuti arahannya. 

“Beliau memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi oleh Kemenko PMK dan lembaga terkait terutama soal libur akhir tahun dan pengganti libur cuti bersama Idu Fitri,” tambah Muhadjir. 

Sekedar informasi, libur Desember 2020 diatur dalam SKB 3 Menteri Nomor 440 Tahun 2020, 03 Tahun 2020, dan 03 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

SKB Nomor 440 tersebut mengubah Keputusan Bersama Nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun Tahun 2019 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020. 

SKB 3 Menteri Nomor 440 Tahun 2020 diteken oleh Menag Fachrul Razi, Menaker Ida Fauziyah, dan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo pada 20 Mei 2020.

Berdasarkan SKP 3 Menteri Nomor 440 Tahun 2020, cuti bersama pengganti Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 28 Desember 2020 hingga 31 Desember 2020. 

Warganet Heboh Cuti Bersama Dikurangi

Cuti Bersama Desember 2020
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan keterangan terkait pengurangan libur Desember 2020 (Sumber gambar : YouTube Sekretariat Presiden )

Wacana pengurangan cuti bersama Desember 2020 membuat warganet heboh. Mereka menuangkan kekecewaannya di Twitter. 

Misalnya saja akun @matxhallate yang kecewa kalau nantinya jatah cuti akhir tahun berkurang. 

“Menangis kalo cuti bersama dipotong. Padahal aku ingin rebahan bangun siang dan bermain mobile lejen,” kata @matxhallate. 

Lalu, akun @IbunyaAlana yang juga kecewa dengan permintaan Jokowi yang ingin mengurangi jatah cuti bersama Desember 2020. 

{Baca juga: Baru Dirilis, Fitur Fleets Malah Dibully Warganet Twitter}

“Ya Allah pak Jokowi…teganya ngehapus cuti bersama akhir tahun ini,” ujar @IbunyaAlana. 

Hal serupa  dikatakan oleh akun @SeptitriY yang mengaku sudah memesan kereta dan hotel untuk liburan pada Desember 2020. Alhasil, ia pun kecewa kalau cuti akhir tahun berkurang.

“Udah pesen kereta PP – booking hotel – siapin dana darurat eh malah dapet info cuti bersama akhir tahunnya di kurangkan, hilih hilih sedih aku tuh,” keluh @SeptitriY.

Rasa kecewa juga diungkapkan oleh akun @arghax. Akun ini rasanya ingin menangis karena wacana pengurangan cuti bersama pada Desember 2020. 

“Cuti bersama bulan depan dipangkas. Monanges yampun. Untung belum ada rencana apa-apa,” cuitnya. 

Terakhir, ada juga akun @Albarelfaz yang merugi kalau wacana tersebut direalisasikan. Alasannya, karena ia sudah membeli tiket untuk libur akhir tahun 2020.

“Tiket Mengunjungi Anak Istri sudah dibeli Jauh2 Hari karena takut semakin mahal. Eh Pemerintah ngebatalin alias mengurangi Cuti Bersama. Auto Refund dan Merugi lagi !!! Sama persis pas Idul Fitri Nasiiib… Nasib… Cc : @jokowi,” curhat @Albarelfaz. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -