telset

Bukan Kamu Saja, CEO Zoom Juga Lelah Ikuti Banyak Rapat Online

Telset.id, Jakarta – Anda kerap merasa kelelahan ketika mengikuti banyak rapat online dalam sehari? Bisa jadi, Anda pun mengalami gangguan bernama Zoom Fatigue Syndrome yang juga dialami oleh CEO Zoom, Eric Yuan.

Baru-baru ini, Eric memberikan pengakuan yang bikin kaget. Ia mengaku sudah lelah terus-menerus melakukan rapat online setiap hari.

Ia merasakan gejala bernama Zoom Fatigue Syndrome akibat selalu menghadiri banyak rapat online setiap harinya. Dalam sehari, pria keturunan China tersebut pernah menghadiri 19 rapat yang diselengarakan secara berturut-turut.

“Aku sangat lelah dengan itu,” kata Yuan.

Untuk mengatasi Zoom Fatigue Syndrome, ia pun mengurangi kegiatan rapat virtual. Saat ini keadaan pria berusia 51 tahun tersebut sudah lebih baik karena tidak lagi menghadiri pertemuan virtual secara berturut-turut dalam 1 hari.

{Baca juga: Perjuangan Eric Yuan Bangun Zoom Hingga Jadi Miliuner}

Eric juga meminta karyawan Zoom untuk kembali ke kantor minimal 2 hari dalam seminggu agar mereka tidak jenuh menghadapi rapat online.

“Aku memang kelelahan rapat. Saya tidak lagi mengadakan pertemuan berturut-turut, dan saya merasa jauh lebih nyaman sekarang,” ujar Eric.

Gejala Zoom Fatigue Syndrome 

Lantas, apa sih sebenarnya gejala Zoom Fatigue Syndrome ini? Dilansir Telset dari Healthline, Sabtu (8/5/2021), gejala ini merupakan kondisi di mana fisik ataupun mental terlalu lelah akibat  terlalu banyak mengikuti video conference melalui Zoom, Meets, atau aplikasi lainnya.

Gejala yang dialami CEO Zoom ini akibat terlalu lelah mengikuti rapat online yang membuat kerja mata dan otak lebih keras dibandingkan melakukan pertemuan langsung secara fisik.

{Baca juga: Layanan Enkripsi Zoom Mulai Diluncurkan Jadi Lebih Aman}

Melakukan pertemuan lewat video conference menuntut mata untuk terus menatap layar komputer, laptop, hingga smartphone dengan durasi berjam-jam tanpa istirahat.

Tak hanya itu saja, selama mengikuti rapat online pun, otak “dipaksa” untuk bekerja ekstra agar bisa terus berbicara di dalam forum. Gejala dari Zoom Fatigue Syndrome sendiri terjadi di bagian fisik dan mental Anda.

CEO Zoom lelah Rapat Online Zoom Fatigue Syndrome
Ilustrasi Zoom Fatigue Syndrome

Untuk masalah fisik, biasanya penderita mengalami berbagai gejala seperti nyeri tubuh, insomnia, dan rasa kelelahan yang berlebihan. Sedangkan secara mental, biasanya gejala yang terjadi adalah tidak bisa konsentrasi, mudah tersinggung, dan emosi tidak stabil. Lalu bagaimana solusinya?

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, seperti berusaha untuk menyempatkan waktu beristirahat minimal 20 menit. Terus lakukan kegiatan di luar ruangan seperti olahraga fisik atau sekedar jalan-jalan ke taman.

{Baca juga: Telegram akan Tambahkan Fitur Video Call Grup, Saingi Zoom dkk}

Lebih lanjut, bisa juga lebih disiplin mengatur waktu rapat online dan mematikan kamera video untuk rapat-rapat yang sifatnya tidak wajib. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0