Cegah Siswa Tidur di Kelas, Sekolah Ini Pasang Kamera Pengenal Wajah

Telset.id, Jakarta – Siswa SMA di salah satu sekolah di China mungkin akan perlu berpikir ulang sebelum tertidur di kelasnya. Betapa tidak, ada kamera artifisial cerdas dengan alat pengenalan wajah yang akan selalu mengawasi.

Ya, adalah sekolah menengah No. 11 Hangzhou yang telah memasang apa yang disebut “sistem manajemen perilaku kelas yang cerdas” itu. Sistem ini, seperti dilaporkan VentureBeat, Jum’at (18/05/2018), akan menangkap ekspresi dan gerakan siswa, menganalisisnya dengan big data untuk memastikan mereka memperhatikan pelajaran.

Strategi ini menekankan bagaimana alat pengenalan wajah dan AI semakin sering digunakan di China untuk sejumlah tugas, mulai dari memverifikasi pembayaran dan menangkap penjahat hingga memeriksa penonton di acara-acara hiburan besar dan pelanggan di restoran cepat saji.

Kamera ada di mana-mana, boleh dibilang memang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di sebagian besar kota-kota di China, dan teknologi pengawasan ini tak bisa dipungkiri telah menimbulkan kekhawatiran tentang privasi.

Namun demikian, wakil kepala sekolah Zhang Guanqun menegaskan bahwa sistem ini hanya mengumpulkan ekspresi wajah dan informasi perilaku siswa.

“Ini dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa,” katanya.

Sistem akan dapat mengetahui apakah siswa membaca atau mendengarkan – atau tidur siang di meja mereka. Disamping mendeteksi ekspresi seperti kebahagiaan, penolakan, ketakutan, kemarahan dan kebingungan.

Siswa akan mendapatkan nilai perhatian real-time, yang akan ditunjukkan kepada guru mereka di layar.

Sistem ini dirancang oleh Hikvision Digital Technology, salah satu pemasok kamera keamanan terbesar di dunia dan yang mengembangkan teknologi AI sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here