Intip 5 Teknologi Jadul di Film Captain Marvel, Pernah Ngalamin?

Komputer

Generasi tahun 90an pasti tak asing lagi dengan komputer model gembol seperti yang digunakan Nick Fury di film Captain Marvel. Ya, loading yang lama adalah sesuatu yang sulit terlupakan. Secara peruntukkan, komputer sendiri adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

{Baca juga: Unik! Situs Resmi Captain Marvel Bergaya ‘Jadul’}

Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, yang dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali.

Compact Disc (CD)

Bertahun-tahun yang lalu, CD mungkin masih menjadi benda yang familiar bagi sebagian orang. Tapi tidak sekarang. Karenanya, melihat benda ini terpampang nyata di film Captain Marvel adalah sebuah ajang nostalgia tersendiri. “Ahh…iya.” “Ya ampun CD.” “Waah… haha…” dan komentar lainnya.

Compact Disc (CD) atau cakram padat pada dasarnya adalah sebuah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data. Sejak diperkenalkan secara resmi pada tahun 1982, CD memperoleh puncak penjualan pada tahun 2000 yang mencapai 2.445 juta keping.

CD dibuat dari plastik polikarbonat setebal 1,2 mm dengan berat 15-20 gram. Pembagian komponen CD dari bagian tengah CD sampai luar adalah: Pusat/ poros CD, daerah transisi pertama (cincin penjepit), daerah kelm (cincin stacking), Daerah transisi kedua, daerah informasi dan RIM.

Untuk ukuran CD berdiameter 120mm dapat memuat audio selama 80 menit atau data sebesar 650-870 MB, sedangkan mini cd yang memiliki diameter mulai dari 60mm sampai dengan 80mm dapat memuat audio selama 24 menit atau data sebesar 185-210 MB.

Pesawat F-16 

F-16 adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics (kemudian diakuisisi oleh Lockheed Martin), untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Di udara, kemampuan tempur F-16 tak perlu diragukan. Ini masuk kategori sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot.

{Baca juga: Nonton Film Gratis dengan 3 Aplikasi ini, Dosa Tanggung Sendiri!}

Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untuk menahan daya belokan pada percepatan 9g. F-16 mempunyai senapan M61 Vulcan pada bagian dalam badan pesawat serta 11 lokasi pylon untuk mnggotong senjata dan peralatan misi lainya.

Nama resmi dari F-16 sendiri ialah”Fighting Falcon”, tetapi “Viper” lebih umum digunakan oleh kru darat dan pilot-pilot pesawat tersebut, karena kemiripan bentuknya dengan ular Viperidae dan Starfighter Colonial Viper dari acara TV Battlestar Galactica. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
Artikel Terkini
HARGA & SPESIFIKASI

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0