Bos Samsung Group Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Bos Samsung Group Meninggal

Telset.id, Jakarta – Bos Samsung Group, Lee Kun-hee, meninggal dunia di usia ke-78 tahun. Lee merupakan tokoh penting dalam perkembangan bisnis perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Dilansir Telset.id dari Tech Crunch pada Minggu (25/10/2020), sejak tahun 2014 Lee Kun-hee memang telah dirawat di rumah sakit karena mengalami serangan jantung.

Setelah dilakukan perawatan, kondisi Lee Kun-hee diklaim stabil namun masih harus dirawat secara intensif di rumah sakit. Akan tetapi, dilaporkan bahwa bos Samsung Group tersebut meninggal dunia di usia 78 tahun.

Lee Kun-hee adalah putra dari pendiri Samsung Lee Byung-chul yang mulai memimpin Samsung sejak tahun 1980-an tepatnya ketika sistem politik Korea Selatan beralih dari sistem diktator ke demokrasi.

{Baca juga: Dituduh Manipulasi Harga Saham, Bos Samsung Kembali Ditangkap}

Di bawah kepemimpinannya, Samsung menghadirkan berbagai inovasi teknologi di sejumlah bidang elektronik, termasuk semikonduktor, chip memori, layar, dan komponen lain yang menjadi tulang punggung perangkat digital saat ini.

Lee Kun-hee mampu menjaga Samsung dari krisis ekonomi yang terjadi di Asia pada tahun 1998.

Melalui anak perusahaan Samsung Electronics, Samsung tetap konsisten menghadirkan inovasi teknologi mulai dari smartphone, tablet, televisi dan lain sebagainya.

Kini, Samsung Electronics memiliki valuasi mencapai USD 350 miliar atau Ro 5.127,9 triliun dan menjadi salah satu perusahaan dengan valuasi tertinggi di dunia.

Meskipun ketajaman bisnis dan wawasan strategisnya dalam menangani Samsung dipuji, Lee Kun-hee menghadapi masalah dalam beberapa tahun terakhir.

{Baca juga: Ngemplang Pajak, Bos Besar Samsung Ditangkap Polisi}

Dirinya dihukum karena penggelapan pajak pada akhir tahun 2000-an, tetapi akhirnya diampuni oleh presiden Korea Selatan saat itu, Lee Myung-bak.

Samsung juga mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasuk Manajemen Elliott atas upaya Lee Kun-hee untuk mengamankan masa depan Samsung untuk putranya, Lee Jae-yong.

Lee Kun-hee meninggalkan seorang istri dan empat anaknya. Menurut Bloomberg, bos Samsung juga meninggalkan kekayaan sekitar USD 20 miliar atau Rp 293 triliun. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here