telset

Banten Diguncang Gempa Bumi 6,7 SR, Netizen Auto Panik

Telset.id, Jakarta – Bencana gempa bumi sebesar 6,7 Skala Ritcher (SR), mengguncang wilayah Banten. Banyak netizen yang panik atas gempa tersebut karena guncangannya terasa di beberapa wilayah lain seperti Jakarta dan Depok.

Dilansir Telset dari akun Twitter resmi BMKG pada Jumat (14/1/2022), dilaporkan kalau gempa bumi terjadi pada pukul 16.05 WIB. Titik gempa berada di 7,01 Lintang Selatan (LS), dan 105,26 Bujur Timur (BT).

Atau tepatnya di 52 km barat daya Kecamatan Sumur, Provinsi Banten. Kekuatan gempa mencapai 6,7 SR dengan kedalaman 10 km. Mengenai potensi tsunami BMKG memastikan kalau gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Malang Diguncang Gempa Susulan, Warganet Serukan #PrayforMalang

“#Gempa Mag:6.7, 14-Jan-22 16:05:41 WIB, Lok:7.01 LS,105.26 BT (52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” cuit @infoBMKG.

Seketika guncangan gempa bumi membuat netizen panik. Dari pantauan di Trends24 pada Jumat (14/1/2022), terlihat kalau gempa menjadi trending topik karena banyak dibicarakan netizen.

Gempa Bumi Banten Netizen Panik

Saat ditelusuri lebih lanjut, ternyata kepanikan banyak karena gempa dirasakan di berbagai wilayah bahkan seperti Jakarta dan Depok. Misalnya saja akun @ivankbellamy yang merasakan gempa di Jakarta, sambil merekam momen-momen kepanikan pekerja kantoran di Jakarta ketika terjadi gempa.

“Gempa guncang jakarta,” katanya.

Informasi serupa juga dicuitkan oleh akun @nabilbillie, yang mengaku kalau guncangan gempa yang berpusat di Banten sangat dirasakan oleh warga Jakarta. Bahkan sampai membuat benda-benda bergerak.

Baca juga: Gempa 6,2 SR Landa Majene dan Mamuju, Warganet Ramai Kirim Doa

“JAKARTA GEMPA,” tutur @nabilbillie.

Untuk wilayah Depok, dari postingan netizen @strhmwty1 masyarakat di Depok juga panik dan berhamburan ke luar ruangan untuk menyelamatkan diri.

“#gempa Depok kerasa banget,” ungkapnya.

Sedangkan di Banten, gempa bumi mengakibatkan kerusakan di wilayah tersebut. Dari postingan netizen @Mphiii_, sebuah rumah di Lebak, Banten mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa.

“Dampak gempa satu rumah di kampung ranca sema ,Ci badak Rangkasbitung, Lebak,banten .Mengalami kerusakan. Innalillahi,semoga ga ada korban jiwa,” ujar @Mphiii_.

Selang beberapa menit kemudian, BMKG kembali melaporkan bahwa terjadi gempa susulan. Masih dari akun @infoBMKG, kali ini kekuatan gempa sebesar 5,7 SR dan terjadi pada pukul 16.49 WIB.

Lokasi gempa berada di 7,03 LS dan 105,25 BT atau 54 km Barat Daya Kecamatan Sumur, Banten dengan kedalaman 10 km. Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“#Gempa Mag:5.7, 14-Jan-22 16:49:21 WIB, Lok:7.03 LS,105.25 BT (54 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” jelas BMKG.

Belum diketahui mengenai jumlah korban dan kerusakan akibat gempa yang terjadi. Semoga saja tidak ada korban jiwa atas insiden gempa hari ini. [NM]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0