Bahaya! Tesla S 60 Dibiarkan Berjalan Sendiri Tanpa Pengemudi

Tesla S 60

Telset.id, Jakarta – Seorang pengemudi asal Inggris, Bhavesh Patel mengaku bersalah telah membiarkan mobil Tesla S 60 miliknya bergerak sendiri di kecepatan cukup tinggi. Ia terekam sedang tidur di kursi penumpang oleh kamera video pengemudi lain pada tanggal 21 Mei tahun lalu.

Saat Patel tertidur di kursi kiri depan, mobil Tesla S 60 warna putih miliknya melaju secara otomatis dalam kecepatan sedang di ruas jalan M1 dekat Hemel Hempstead.

Menurut catatan kepolisian Hertfordshire, Patel sama sekali tidak mengontrol Tesla S 60 miliknya, padahal kecepatannya mencapai 64 km/jam. Bahkan saat itu, lalu lintas di jalan pun dilaporkan sedang padat.

Akibat kecerobohannya, dilansir dari The Verge, Patel mendapat hukuman berlapis berupa larangan mengemudi selama 18 bulan dan denda sebesar 1.800 poundsterling atau setara dengan Rp 34 juta. Tak hanya itu, Patel juga diwajibkan untuk menjalani proses rehabilitasi selama 10 hari serta 100 jam pelayanan masyarakat.

Polisi Hertfordshire, pada sidang di pengadilan, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Patel merupakan tindakan konyol serta sangat membahayakan dan dapat menyebabkan kematian.

“Patel membeli Tesla S 60 sejak lima bulan sebelum peristiwa tersebut. Mobil itu sangat canggih, tetapi Patel sangat tidak bertanggung jawab. Tindakannya bisa mengakibatkan kematian,” kata polisi.

Seorang perwakilan dari Tesla mengatakan selama sidang bahwa keberadaan fitur Autopilot di mobil Tesla S 60 sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggantikan tugas pengemudi.

Hal ini juga ditekankan bos Tesla, Elon Musk yang menyatakan fitur autopilot tidak boleh digunakan sembarangan, meski Tesla memiliki semua teknologi yang diperlukan untuk melaju secara otonom.

Selain kasus yang menimpa Patel, sebelumnya juga dilaporkan bahwa mobil Tesla yang digunakan Uber berjalan tanpa pengemudi dan menabrak pejalan kaki hingga tewas. Akibat kejadian itu, Toyota dan Nvidia menunda pengujian mobil otonom. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here