telset

Badan Antariksa Eropa Temukan Tanda “Dust Devil” di Mars

Telset.Id, Jakarta – Bekas badai debu telah ditemukan di Planet Mars. Badai yang juga dikenal dengan sebutan Dust Devil tersebut diketahui berdasarkan pantauan dari Badan Antariksa Eropa atau ESA.

Dilansir dari CNET, Kamis (20/09/2018), ESA telah menemukan tanda-tanda misterius di permukaan Mars yang bentuknya hampir seperti bekas terjangan badai debu. Mereka menerima informasi itu dari pesawat luar angkasa ExoMars Trace Gas Orbiter yang merilis sebuah foto pada Rabu (19/09/2018) kemarin.

Dari foto yang dirilis, terlihat ada goresan-goresan yang tampaknya diakibatkan oleh badai debu. Sehingga pihak ESA langsung menamai foto tersebut dengan judul “Dust Devil yang Terlihat di Planet Mars”.

Baca juga: Ilmuwan Siap Bangun “Rumah Igloo” di Planet Mars 

Terlihat pada foto, di permukaan planet Mars terdapat garis-garis gelap dengan latar belakang warna lebih terang, yang kemungkinan disebabkan oleh Dust Devil. Meski demikian, ESA tidak lantas mengklaim secara sepihak terkait fenomena badai debu tersebut.

Mereka lantas memberi kesempatan bagi pihak lain untuk menjelaskan jika fenomena di Mars kemarin bukanlah akibat Dust Devil. Fenomena badai debu sendiri bukanlah hal yang baru terjadi di Planet Merah ini.

Baca juga: Ingin ke Mars, NASA Jual Nama ke Swasta 

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA sebelumnya sudah beberapa kali mendapatkan tanda-tanda bahwa Mars baru saja mengalami badai debu. Bahkan, pesawat luar angkasa Mars Global Surveyor pada tahun 1999 menangkap gambaran secara langsung saat badai debu terjadi dan membuat garis-garis di permukaan Mars.

Badai debu di planet Mars merupakan salah satu pengalaman yang kurang baik bagi NASA. Sebab, pada Juni 2018 lalu, badai debu sukses membuat robot penjelajah bernama Opprtunity mengalami penurunan daya, karena badai menutup sinar matahari ke permukaan planet. (NM/FHP)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0