Awas! Belaja Sambil Main HP Bikin Kamu Boros

Telset.id, Jakarta – Percayakah bahwa ponsel merupakan biang keladi kenapa Anda jadi gila belanja? Sebuah penelitian mengungkapkan, berbelanja di mal sambil mengoperasikan ponsel membuat seseorang jadi boros.

Penelitian yang dipublikasikan di the Journal of the Academy of Marketing Science menyurvei 2.520 orang yang belanja di toko suvenir. Saat sambil menggunakan ponsel, mereka ternyata membeli barang lebih banyak.

Menurut laporan Ubergizmo, orang yang berbelanja sambil mengoperasikan ponsel berbelanja barang sembilan persen lebih banyak dari rencana. Usut punya usut, ponsel mengganggu konsentrasi seseorang.

{Baca juga: Asli, 10 Foto Ini Tunjukkan Belanja Online tak Selalu Berakhir Bahagia}

“Ponsel begitu cepat menyita perhatian konsumen.  Ponsel mengganggu fokus sehingga mengubah sikap seseorang,” demikian pernyataan seorang peneliti, Michael Sciandara, seperti dikutip Telset.id pada Minggu (12/5/2019).

Para peneliti lantas mengeluarkan rekomendasi. Mereka meminta kepada konsumen untuk menyimpan ponsel selama berbelanja. “Fokuslah membeli barang sesuai kebutuhan, terutama jika Anda ingin hemat,” imbuhnya.

Ponsel dan manusia memang tidak bisa dilepaskan. Hampir setiap jam, orang selalu membuka ponsel hanya untuk mengecek apakah ada pemberitahuan baru dari akun media sosial, memeriksa email, atau pesan masuk.

Beberapa waktu lalu, sebuah penelitian dari YouGov menyebut bahwa mayoritas orang Inggris tidak bisa bertahan tanpa memeriksa ponsel ketika sedang makan malam di rumah. Setengah lebih responden kecanduan ponsel.

{Baca juga: Ponsel Lebih Kotor dari Toilet, Begini Cara Bersihkannya}

Tak kurang dari 53 persen orang di Inggris melihat ponsel saat sedang makan di luar dengan teman atau keluarga. Sementara 54 persen responden mengaku tidak bisa jauh dari perangkat dalam waktu lebih dari dua hari. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -