Astronot Ini Dituduh Curi Uang Mantan Suami dari Luar Angkasa

Astronot wanita

Telset.id, Jakarta Astronot wanita NASA bernama Anne McClain, yang menghabiskan 203 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal tahun ini, dituduh mencuri identitas dan secara tidak sah mengakses rekening bank milik mantan suaminya.

McClain, seorang Letnan Kolonel Angkatan Darat AS, menjabat sebagai insinyur penerbangan untuk Ekspedisi 58/59 ke ISS dan ditetapkan menjadi bagian dari pesawat ruang angkasa wanita pertama.

Sangat membanggakan memang. Tapi, seperti dilaporkan CNET, saat berada di ISS, ia dituduh mengakses rekening bank.

{Baca juga: Rusia Kirim Robot Humanoid ke ISS, Mau Ngapain?}

Rekening bank tersebut merupakan milik Summer Worden, sang mantan suaminya. McClain dan Worden telah menikah sejak 2014, tapi Worden mengajukan gugatan cerai pada 2018 atau beberapa bulan sebelum McClain dijadwalkan memulai misi enam bulan ke ISS.

McClain, melalui pengacaranya, mengaku telah mengakses rekening bank milik Worden dari ISS. Seperti dikutip Telset.id, Senin (26/8/2019), ia menggunakan kata sandi yang pernah digunakan. Ia pun menyangkal telah berbuat ilegal.

“Akses itu digunakan untuk memastikan perawatan putra Worden, yang dibesarkan bersama oleh McClain. Worden mengajukan tuduhan pencurian identitas kepada Komisi Perdagangan Federal dan Kantor Inspektur Jenderal NASA,” kata sang pengacara.

Perjanjian Stasiun Luar Angkasa, yang ditandatangani oleh AS dan 14 pemerintah lain yang terlibat dalam ISS, menguraikan kerangka hukum yang mengatur kegiatan di orbit. Setiap negara bertanggung jawab secara hukum atas semua elemen.

{Baca juga: Gara-gara Pakaian, Astronot Perempuan Batal ke Luar Angkasa}

Tuduhan tersebut kini sedang diselidiki oleh kantor inspektur jenderal. Pada 24 Agustus 2019 lalu, McClain sempat membantah klaim itu.

McClain sendiri sebelumnya dijadwalkan untuk melakukan perjalanan ke ISS. Namun, posisinya tiba-tiba digantikan oleh Christina Koch karena masalah ukuran pakaian luar angkasa. (SN/FHP)

Sumber: CNET

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here