Arab Saudi Bikin Kapsul Tidur untuk Jamaah Haji

Kapsul tidur

Telset.id,Jakarta – Saat ini Kerajaan Arab Saudi sedang mengembangkan solusi untuk memecahkan masalah kepadatan hotel yang menyulitkan jamaah haji untuk mencari tempat istirahat. Rencananya, Kerajaan Arab Saudi akan menggunakan kapsul tidur untuk para jamaah haji.

Dilaporkan, kapsul tidur tersebut sedang diuji pihak Arab Saudi di wilayah Kota Mina sebelah barat. Kapsul tidur ini berbahan fiberglass dan memiliki panjang sekitar tiga meter. Di dalamnya terdapat kasur, alas tidur yang bersih, AC dan cermin yang menyala di dinding.

Baca Juga: Unik! Startup Ini Sediakan Rumah Anti Teknologi

Nantinya, bagi para jamaah yang mencari tempat istirahat setelah melakukan perjalanan berat dan ibadah, dapat menggunakan satu kapsul tidur di antara 18 hingga 24 kapsul yang tersedia secara gratis.

Menurut Kepala Badan Amal dari Haji and Mutamer Gift Charitable Association, Mansour al-Amer, uji coba ini merupakan upaya meningkatkan kenyamanan bagi para jamaah haji. Dia mengatakan, ide ini sebenarnya sudah ada di beberapa negara, salah satunya adalah Jepang dengan hotel kapsulnya yang terkenal.

Baca Juga: Wow! Ada Sandal dan Bantal Autopilot di Penginapan Nissan

“Kami selalu memikirkan para jamaah, dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama melakukan ibadah haji. Kami percaya ini sangat cocok untuk tempat-tempat keramaian di tempat-tempat suci kami dan di Mekkah” jelasnya, seperti dikutip dari Metro, Kamis (20/09/2018).

Mansour berharap, kapsul yang diimpor dari Jepang ini dapat menjadi alternatif bagi para jamaah haji yang tidak mampu menyewa kamar hotel untuk beristirahat. Setiap pengguna nantinya dapat menggunakan kapsul tidur selama tiga jam, dan kemudian diminta untuk menyerahkannya kepada pengguna berikutnya.

Walaupun demikian, sebelum digunakan pengguna berikutnya, para pegawai yang bertanggung jawab akan membersihkan setiap kapsul terlebih dahulu.

“Kapsul ini akan digunakan untuk berbagi. Seperti sepeda yang dapat anda sewa selama satu jam dan kemudian dikembalikan untuk dipakai orang lain,” kata Amer.

Baca Juga: Pria Ini Manfaatkan Aplikasi Kencan untuk Makan Gratis

Kapsul ini merupakan bagian dari peluncuran program smart hajj oleh pemerintah Arab Saudi, yang bertujuan untuk membantu segala kebutuhan para jamaah haji. Di antaranya rencana perjalanan, hingga perawatan medis, serta penjaminan keamanan di seluruh lokasi haji dengan menyertakan puluhan ribu lebih petugas keamanan.

Memang, setiap tahunnya ada lebih dari dua juta umat muslim dari seluruh penjuru dunia yang pergi ke Mekkah, Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Bahkan tahun ini, jumlahnya diperkirakan naik hingga sekitar 7 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Yuk Intip 7 Hotel Tercanggih, Ada yang Pakai Pelayan Robot

Pada tahun-tahun sebelumnya, ada banyak sekali masalah akibat dari kepadatan pengunjung yang berhaji. Namun, dengan adanya solusi kapsul haji, bisa jadi masalah kepadatan pengunjung yang berhaji dapat dikurangi. (BA/FHP)

Previous articleNgeri! Ini Robot Berjalan Terbesar di Dunia
Next articleSmartphone Gaming Penerus Nokia N-Gage akan Diluncurkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here