Apes! YouTuber Dituduh Jiplak Lagu Ciptaan Sendiri

Telset.id, Jakarta – Paul David, seorang YouTuber yang sering memainkan musik menggunakan instrumen gitar, dituduh melanggar hak cipta lagu orang lain. Padahal, lagu tersebut merupakan miliknya.

Sekitar bulan Juni lalu, David mendapatkan e-mail yang menurutnya janggal dari YouTube. Sistem Content ID YouTube menandai sebuah lagu ciptaannya malah dianggap melanggar video lagu baru milik orang lain. David pun merasa kebingungan.

“Seseorang mengambil lagu saya, lalu mengunggahnya ke Spotify dan YouTube. Saya justru yang dianggap melakukan pelanggaran hak cipta,” kata David, seperti dilansir CNET, Sabtu (7/7/2018).

Merasa tak terima telah dituduh menjiplak lagu buatannya sendiri, David akhirnya memanfaatkan sistem banding YouTube untuk menyelesaikan persoalan. David bahkan membiarkan artis lain tetap menggunakan karyanya.

Baca juga: YouTuber Bisa Rekam Video sebelum Live Streaming

David melacak artis itu di Facebook Messenger. Artis tersebut akhirnya mengaku telah mengunduh beberapa kunci gitar di YouTube, termasuk milik David. Yang menjadi aneh, kenapa video lama justru melanggar video baru.

Menanggapi masalah sengketa hak cipta lagu ini, pihak YouTube telah memberikan penjelasan tentang cara kerja sistem Content ID YouTube. Aplikasi berbagi video itu mengklaim sistem yang mereka buat sudah sangat akurat

“Sistem Content ID YouTube membiarkan pemegang hak untuk mengklaim konten dengan menemukan kecocokan ke konten yang mereka kirimkan ke kami, dan memberi cara otomatis untuk mengidentifikasinya,” jelas juru bicara YouTube.

Baca juga: Tiga YouTuber Tewas saat Bikin Video di Air Terjun

“Kami mengandalkan pemegang hak cipta untuk mengklaim konten yang benar-benar mereka miliki. Keakuratan sistem pencocokan kami hanya bisa sebagus yang diberikan pemegang hak cipta,” imbuh pihak YouTube. [BA/HBS]

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here