telset

Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia, Netizen Berduka

Telset.id, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia sastra Indonesia. Sastrawan Ajip Rosidi meninggal dunia usai menjalani operasi pendarahan otak. Kepergian Ajip membuat netizen berduka dan mengucapkan belasungkawa di media sosial.

Menurut keterangan anak Ajip Rosidi bernama Nundang Rundagi, ayahnya meninggal dunia di usia 82 tahun pada Rabu (29/07/2020) pukul 22.30 WIB di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Ajip meninggal usai dirawat selama seminggu dan menjalani operasi pendarahan otak di rumah sakit tersebut. Saat ini keluarga sedang mengurus segala sesuatu untuk pemulangan jenazah.

“Betul, saya sedang ‘ke sana ke mari’ (mengurus segala sesuatu),” kata Nundang dikutip dari Antara pada Rabu (29/07/2020) kemarin.

{Baca juga: Mpok Omas Meninggal, Netizen: Selamat Jalan Mpok!}

Kepergian Ajip membuat netizen berduka. Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari Trends24.in pada Kamis (30/07/2020) kata “Ajip Rosidi” menduduki peringkat sembilan dibandingkan topik pembicaraan lainnya.

Ajip Rosidi

Ucapan duka dilontarkan oleh banyak netizen. Misalnya saja Adimas Immanuel melalui akun @adimasnuel. Adimas yang juga seorang penulis puisi ini turut berduka atas kepergiannya.

{Baca juga: Pencipta Lagu Anak, Papa T Bob Meninggal, Netizen Berduka}

“Negeri kita kehilangan lagi satu penulis besar malam ini. Turut berduka cita atas berpulangnya Ajip Rosidi. Semoga diberikan tempat terbaik dan beristirahat dalam damai. Ajip Rosidi (1938-2020),” cuit @adimasnuel.

Netizen bernama Karl Agan lewat @krlagn juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya sastrawan asal Majalengka, Jawa Barat tersebut. Ucapan belasungkawa diikuti dengan kutipan puisi almarhum yang berjudul Jarak.

“Bangun menemukan ksedihan. Selamat jalan penyair Ajip Rosidi,” cuit @krlagn.

Romyan Fauzan melalui akun @uyanromyan juga turut berduka atas kepergian Ajip Rosidi. Romyan berdoa semoga almarhum bisa mendapat tempat terbaik dari Allah Swt dan mengajak netizen lain untuk ikut berdoa.

{Baca juga: Netizen Ratapi Kepergian Eyang Sapardi Djoko Damono}

“Pileuleuyan Kang Ajip Rosidi, segala karya & ilmu yg telah diberikan utk kesusastraan & kebudayaan menjadi cahaya abadi, semoga alm. diterima kebaikannya dan dimaafkan segala dosanya. Al-Fatihah,” cuit @uyanromyan.

Terakhir Wafi W. Wuddiljar melalui akun @wafi_wifq juga berduka dan berdoa agar amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah Swt.

“Innalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Telah berpulang Ajip Rosidi. Semoga ama ibadah beliau diterima di sisi Allah Swt. Aamiin,” cuit @wafi_wifq.

Seperti diketahui, Ajip Rosidi adalah sastrawan dan budayawan kelahiran Majalengka 31 Januari 1938. Semasa hidupnya Ajip adalah sastrawan yang telah menciptakan banyak karya dalam bentuk buku seperti karya ilmiah, novel, cerpen dan puisi.

Selain seorang sastrawan, Ajip juga seorang akademisi karena sejak tahun 1967 menjadi dosen di banyak perguruan tinggi di Indonesia dan sempat mengajar di Jepang.

Puncaknya pada tahun 2011, penulis buku “Ikhtisar Sejarah Sastera Indonesia” tersebut berhasil mendapatkan Doktor honoris causa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran.

{Baca juga: Glenn Fredly Meninggal, Duka Netizen Melepas sang Idola}

Kehidupan pribadi Ajip tanpa prahara. Ajip memiliki enam anak yaitu Nunun Nuki Aminten, Titi Surti Nastiti, Uga Percéka, Nundang Rundagi, Rangin Sembada dan Titis Nitiswari dari istri pertamanya Fatimah Wirjadibrata.

Kemudian setelah Fatimah meninggal dunia, Ajip menikah lagi dengan artis film dan sinetron, Nani Wijaya pada tahun 2017. Hingga akhir hayatnya Ajip hidup bersama Nani Wijaya di Magelang, Jawa Tengah. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0