5 Selebriti Hollywood yang Gencar Promosi Kripto

Telset.id, Jakarta – Tak hanya selebriti Indonesia yang gemar berbisnis untuk menunjang penghidupannya jika karirnya kelak meredup, namun juga selebriti di Hollywood. Akhir-akhir yang paling disoroti dalam bisnis selebriti Amerika Serikat (AS) tersebut adalah mata uang digital alias kripto (cryptocurrency).

Banyak selebriti negeri Paman Sam itu mempromosikan kripto di sela-sela kesibukan mereka, terutama di media sosial. Ekspos besar-besaran kripto tersebut rupanya cukup menyita perhatian otoritas keuangan setempat.

Kekhawatiran itu  bahkan mendorong Komisi Keamanan dan Pertukaran AS (SEC) membuat promosi palsu mengenai penawaran perdana kripto alias initial coin offering (ICO), yang menggandeng sejumlah selebriti.

Begitu promosi itu diklik, akan muncul laman dari SEC yang memperingatkan endorse selebriti tidak berarti investasi tersebut sah atau layak untuk semua calon investor.

Berikut ini adalah para pesohor, mulai dari aktor hingga atlet, yang gencar mempromosikan kripto, seperti dilansir The Verge:

1. Paris Hilton
September tahun lalu, Paris Hilton mencuitkan sebuah koin baru bernama Lydian, namun, kini sudah dihapus. Pasalnya, bos Lydian tersandung kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Tidak lama kemudian, SEC mengeluarkan pernyataan untuk berhati-hati terhadap ICO yang menggandeng selebriti, banyak yang menduga itu untuk Hilton. Sejak itu, Hilton tidak pernah lagi menyinggung mata uang kripto.

2. Steven Seagal
Sang aktor sempat menjadi duta untuk mata uang kripto “Bitcoiin”, yang hanya beda satu huruf dengan “Bitcoin”. Maret lalu, regulator di New Jersey, AS, meminta pendiri Bitcoin untuk menghentikan kegiatan, dan menyatakan koin itu belum terdaftar di departemen keamanan. Setelah itu, Seagal tidak pernah lagi aktif di media sosial soal Bitcoiin.

3. Floyd Mayweather
Petinju ini rupanya sangat tertarik dengan mata uang virtual, bahkan menyebut dirinya sendiri Floyd “Crypto” Mayweather tahun lalu. Dia juga terlibat dengan beberapa koin, salah satunya Hubii yang hanya hanya meraih seperlima dari target US$50 juta atau sekitar Rp 724 miliar yang mereka incar untuk ICO.

Centra, mata uang lainnya yang dia dukung, menawarkan integrasi dengan Visa dan Mastercard, namun, SEC menduga Centra tidak punya hubungan dengan kedua perusahaan tersebut. Centra juga menuliskan nama-nama orang yang bekerja di sana dan selebriti yang mereka gandeng untuk promosi. Anehnya, tidak ada nama Mayweather di sana.

Belakangan ini sang petinju tidak lagi mempromosikan mata uang kripto, tapi, beralih mengunggah kegiatannya termasuk saat mengendarai mobil mewah Ferrari.

4. Imogen Heap
Musisi asal Inggris sudah membicarakan mata uang kripto sejak 2016 lalu, lebih dulu dibandingkan para selebriti yang baru tertarik setelah harga Bitcoin melonjak tahun lalu.

Heap mempromosikan proyek blockchain bernama Mycelia, yang akan membantu musisi melacak karya, rekaman dan hak cipta melalui aplikasi bernama Creative Passport. Meski pun teknologi tersebut belum diluncurkan dan masih dalam pengembangan, Heap juga membahas proyek ini ketika dia sedang tur.

 5. Akon

Peraih Grammy ini begitu bersemangat menceritakan impiannya untuk mata uang kripto dalam sebuah diskusi panel blockchain. Dalam acara “Branding Africa: Blockchain, Entrepreneurship and Empowering the Future”, dia mendeskripsikan sebuah kota yang dia sebut “Wakanda betulan”, transaksi di sana akan diisi oleh Akoin.

Akoin akan bergantung pada aplikasi mata uang kripto yang akan berfungsi sebagai dompet digital, di sebuah kota yang masih dibangun. Akon juga mencuitkan dia mendatangi pertemuan-pertemuan blockchain untuk membahas kota yang sedang dia tolong ini.

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here