3 Dampak Negatif Terlalu Sering Pakai Ponsel

Telset.id, Jakarta – Ponsel pintar sudah seperti tak bisa lepas dari tangan penggunanya. Banyak orang yang menghabiskan waktunya hingga berjam-jam hanya untuk melakukan chatting atau sekedar menjelajah internet via ponsel. Padahal, memakai ponsel terlalu lama bisa berdampak buruk bagi si penggunanya. Dampak buruk apa saja?

Seperti kata ungkapan bijak, “sesuatu yang berlebih itu tidak baik”. Begitupun memakai ponsel terlalu lama juga berdampak negatif. Mulai dari yang berkaitan langsung dengan fisik, maupun psikis dapat menyerang penggunanya.

Penasaran bukan apa saja dampak negatif jika terlalu banyak menggunakan ponsel? Nah, silahkan simak 4 dampak negatif saat kita terlalu banyak menggunakan ponsel, yang telah tim Telset.id rangkum dari berbagai sumber ini.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri Anda Ketagihan Media Sosial

1. Bahaya Ketagihan

Kecanduan ponsel pintar merupakan sebuah fenomena yang nyata. Menurut survey yang sudah banyak dilakukan, tiga dari lima orang mengaku bahwa tidak dapat meninggalkan ponselnya lebih dari 60 menit.

Para ahli mengatakan otak kita mendapat pukulan dopamin dan serotonin — bahan kimia yang terkait dengan kebahagiaan — terhadap ponsel pintar. Jadi setiap kita mendengar bunyi dari ponsel, otak akan seolah-olah merasa bahagia yang membuat kita segera meraih ponsel pintar kita.

2. Mata cepat lelah dan insomnia

Salah satu dampak terlalu lama memandang layar ponsel adalah kerusakan mata akibat mata kita lelah. Efek negatif yang dihasilkan oleh perilaku ini adalah berkurangnya jarak pandang kita, yang berakibat terganggunya aktifitas sehari-hari.

Selain itu, efek blue light dari layar juga berbahaya bagi mata dan bisa membuat Anda menjadi sering merasa gelisah. Hasilnya adalah kira sulit untuk tidur dan mengakibatkan kita terserang penyakit insomnia.

Baca Juga: Pandemi Corona Bikin Anak-anak Ketagihan Akses Internet

3. Cedera Fisik

Efek lainnya yang paling sering dirasakan oleh para pengguna ponsel pintar terlalu lama adalah cedera fisik. Banyak kasus di dunia yang mengakibatkan para penggunanya terkena cedera secara fisik.

Di Jepang misalnya, ada seorang pemuda yang mengaku jari jempolnya berubah bentuk menjadi melenceng ke kiri karena terlalu lama menggunakan ponsel pintar. Selain itu, tak jarang juga orang yang melaporkan punggungnya sakit yang diakibatkan terlalu laman menunduk saat menggunakan ponsel pintar. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0