Yuk, Kenalan dengan Developer Termuda Apple, Anvitha Vijay

Telset.id, Jakarta – Anvitha Vijay adalah bocah perempuan berumur 9 tahun yang menjadi bintang pada Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2016. Kenapa bisa menjadi bintang di acara sebesar itu? Ya karena Vijay didaulat menjadi developer termuda Apple.

Di saat anak seumurannya masih bermain boneka, Vijay malah memilih berkutat dengan program coding yang rumit. Bocah 9 tahun ini membuat aplikasi untuk iPad/iPhone yang bertemakan tentang binatang bernama Smartkins Animals di Melbourne, Australia.

Vijay berharap mendapatkan beasiswa dan ingin menghadiri acara konferensi para developer tahunan Apple ini. Beruntung, Apple mendengar harapannya, dan mengundang dia ke “pesta” para developer Apple tersebut. Senyum lebar saat Vijay bisa berfoto bersama para developer dewasa dan bertemu dengan CEO Apple, Tim Cook.

“Dia benar-benar baik, dan keren,”  kata Vijay dalam sebuah wawancara.

636016159248852917-061516-0182

Pada acara inilah Cook mengukuhan Vijay sebagai developer termuda yang pernah menghadiri Apple WWDC dari keseluruhan 350 siswa sekolah dan perguruan tinggi yang diundang oleh Apple untuk menghadiri konferensi ini secara gratis.

Di WWDC, pemenang beasiswa akan mendapatkan sesi coding dan pemrograman serta berbaur dengan para developer aplikasi untuk nantinya bisa belajar dengan mereka.

“Bisa hadir dan bertemu dengan banyak orang disini seperti mimpi. Saya baru saja menyentuh ‘puncak’ dari coding, begitu banyak pembelajaran disini,: ujar Vijay.

Vijay memulai coding saat berumur 7 tahun saat menonton video instruksi dari YouTube, dan sangat termotivasi untuk membuat aplikasi untuk mengajari adik perempuannya bagaimana mengenali nama binatang. Dia menggunakan Xcode, sebuah program Apple untuk membuat aplikasi mobile dan sudah meraih ratusan unduhan untuk aplikasinya.

Saat ini, dia sedang mengerjakan aplikasi baru bernama GoalsHi untuk memberikan siswa menjadi lebih percaya diri di dalam kelas. Dia menggunakan bahasa pemrograman yang lebih tinggi dari Apple bernama Swift untuk membuatnya, dan ingin mencoba Swift Playground yang merupakan versi mudah dari software Apple untuk iPad di WWDC khusus untuk anak-anak.

636016160659881962-FinderScreenSnapz002

Menariknya, Vijay sangat ‘pede’ (percaya diri) saat menghadiri WWDC, dimana ia terlihat seperti seorang developer pro karena saat selesai wawancara, dia berjalan ke arah para developer di WWDC dan membagikan kartu namanya yang terdapat namanya dan motto

“Saya ingin membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat melalui teknologi,” imbuhnya.

Di rumah, dia menggunakan iPhone milik ibunya karena minimal harus berumur 13 tahun untuk mendapatkan akun iTunes. Saat ditanya apa aplikasi favoritnya, dia menjawab White Tiles 4 sebagai aplikasi favoritnya.

Aplikasi White Tiles 4 dibuat di China pada tahun 2014. Dan saat ditanya apa yang ingin dia lakukan setelah dewasa?

“Saya ingin menjadi inovator, untuk membuat sesuatu yang orang akan suka dan mendapatkan keuntungan darinya,” pungkas Vijay dengan gaya bak seorang motivator. [FHP/HBS]

SourceUsa Today

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -