YouTube Hapus Iklan Pemimpin Oposisi Rusia

Telset.id, Jakarta – YouTube memutuskan menghapus iklan pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny. Keputusan tersebut untuk menindaklanjuti klaim para pejabat bahwa iklan video Navalny akan melanggar hukum.

Menurut para pejabat, saat ini memasuki masa tenang sehingga para kandidat tak diperbolehkan berkampanye dalam bentuk apapun karena pemilihan gubernur berlangsung Minggu (9/9/2018) waktu setempat.

Dalam sebuah pernyataan, YouTube cabang Rusia mengatakan bahwa pengiklan harus menghormati hukum. Aisten Navalny, Leonid Volkov, menuduh bahwa YouTube menarik iklan gara-gara pengaduan ilegal.

Pemerintah Rusia di bawah Vladimir Putin telah secara intensif menekan perbedaan pendapat politik. Ia juga menyerang Navalny. Iklan terbaru Navalny menghasut warga Rusia untuk memprotes perubahan kebijakan pensiun.

Baca juga: Duh! Iklan di YouTube Tak Bisa Lagi Dilewati

Dilansir Engadget, Minggu (9/9/2018), keputusan menarik iklan Navalny jelas akan merugikan YouTube. Maklum, YouTube sedang getol menggenjot pemasukan, termasuk dengan cara memperbanyak iklan.

Akhir Agustus 2018, YouTube menegaskan bakal menghadirkan kebijakan baru terkait iklan di platform. YouTube akan menghadirkan semakin banyak iklan yang tidak bisa dilewati. Pengguna harus melihat keseluruhan iklan.

Baca juga: Keseringan Nonton Video, YouTube akan Kasih “Peringatan”

YouTube telah mengonfirmasi bahwa iklan yang tidak bisa dilewati akan hadir di setiap video yang telah dimonetisasi oleh si pemilik. YouTube mengklaim ingin memberi lebih banyak pendapatan bagi kreator konten. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here