XL Tunai untuk Isi Saldo Tiket Kereta Commuter Line

Kerjasama XL dan PT KAI Commuter Jabodetabek

Jakarta – Kereta Commuter Line semakin diminati masyarakat Jabodetabek sebagai pilihan moda transportasi utama. Hal ini ditangkap sebagai peluang bisnis yang bisa digarap oleh operator seluler XL Axiata.

Peluang itu diwujudkan dalam kerjasama antara XL dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) untuk memfasilitasi sarana pembayaran isi saldo Kartu Multi Trip (KMT) dengan memanfaatkan layanan XL Tunai.

Meskipun hanya terbatas di area Jabodetabek, peminat Commuter Line sangat tinggi dan cenderung terus meningkat. Oleh karena itu, XL melihat sebuah peluang untuk melakukan kerjasama yang akan bisa menguntungkan kedua pihak.

Vice President Digital Service Delivery XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, melalui kerjasama ini, bertambah lagi manfaat XL Tunai bagi pelanggan, yaitu bisa untuk mengisi saldo kartu multi trip Commuter Line.

“Kami berharap kerjasama bisa semakin mendorong animo masyarakat untuk menggunakan Commuter Line sebagai moda transportasi utamanya sehingga bisa mengurangi kemacetan di Jabodetabek,” kata Yossie usai penandatanganan kerjasama, Jakarta, Jumat (4/4/2014)

Yessy menambahkan, pelanggan KCJ biasanya harus mengantri dalam melakukan isi saldo. Kini, pelanggan XL akan bisa lebih mudah untuk membayar isi saldo kartu KMT dengan layanan baru ini.

“Kini pelanggan tidak perlu mengantri untuk isi saldo dan pihak KCJ pun tidak repot dalam menyiapkan uang kembalian dan sumber daya manusia,” pungkasnya.

Meski diuntungkan karena tidak perlu mengantri lagi saat pengisian pulsa, namun untuk pengisian melalui XL Tunai ini, pelanggan akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi isi saldo multi trip, dan Rp 350 untuk single trip.

Bagaimana caranya untuk menggunakan layanan ini? Yang utama tentunya pelanggan harus memiliki kartu KMT terlebih dulu. Selanjutnya cukup tekan *123*120# dan pilih “Pembayaran”. Tidak ada pemotongan pulsa tambahan dan XL Tunai.

Kartu KMT bisa dibeli di stasiun kereta api di Jabodetabek, seperti antara lain di Stasiun Bogor, Depok, Juanda, Manggarai, Tebet, dan Serpong. Sementara untuk pengisian saldo XL Tunai dapat dilakukan melalui seluruh jaringan ATM, XL Center, toko ponsel yang bekerja sama dengan XL Tunai, Alfamart, AlfaMidi, AlfaExpress, dan Lawson.

Layanan XL Tunai saat ini telah dimanfaatkan oleh sekitar 800 ribu pelanggan dari sekitar 65 juta pelanggan XL. Untuk mensosialisasikan layanan ini, XL telah bekerja sama dengan lebih dari 100 merchant dengan jumlah outlet lebih dari 10 ribu di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, anak usaha Axiata Group ini tengah gencar-gencarnya mengedukasi penggunaan layanan e-money. Butuh kesasabaran mengedukasi masyarakat yang masih terbiasa dengan pembayaran tunai untuk menggunakan layanan e-money.

“Bagi XL, e-money adalah sebuah layanan yang memerlukan kesabaran dalam melakukan edukasi ke masyarakat,” terang Yessie.

Namun dia cukup yakin XL Tunai akan menjadi sebuah layanan yang memberikan kontribusi cukup besar di masa mendatang, karena ada anjuran Bank Indonesia terkait sosialisasi less cash society dan branchless banking.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI