XL Pede Sambut Musim Mudik Lebaran

Ongki Kurniawan (kiri), Agus Simorangkir (kanan) di BTS XL Ngemplak, Surakarta
Ongki Kurniawan (kiri), Agus Simorangkir (kanan) di BTS XL Ngemplak, Surakarta (bayu)

Surakarta – Bulan Ramadhan dan Lebaran selalu menjadi ‘masa sibuk’ bagi para operator telekomunikasi, karena terjadi peningkatan trafik komunikasi. Operator seluler XL Axiata terlihat cukup “pede” (percaya diri) menyambut datangnya moment penting bagi umat muslim tersebut.

“Saat musim mudik dalam rangka menyambut Lebaran selalu menjadi tantangan bagi kami para operator untuk bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” kata Ongky Kurniawan, Direktur Service Management XL saat melepas peserta NetRally 2013 di Ngemplak, Surakarta, Rabu (19/6).

Para operator, menurutnya, harus tahu kemana para pemudik agar bisa tahu titik-titik lonjakan trafik ada di daerah mana. “Kami harus tahu di titik mana saja lonjakan trafik terjadi, agar kita bisa menjaga kualitas layanan XL di daerah yang trafiknya tinggi,” jelasnya.

Dan untuk menjaga kualitas layanannya selama musim mudik dan Lebaran, XL telah melakukan beberapa persiapan. Seperti misalnya melakukan modernisasi jaringan dan menempatkan beberapa mobile BTS (Base Transceiver Station) di jalur padat pemudik.

“Kita akan menempatkan mobile BTS di beberapa titik yang menjadi jalur padat pemudik, seperti di wilayah pantura dan pelabuhan penyeberangan Jawa-Sumatera,” terang Ongki.

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik komunikasi  dipastikan akan kembali terjadi di tahun ini. Namun ia memprediksi lonjakan trafik tertinggi akan terjadi pada layanan data.

Tahun lalu layanan data naik 20 persen atau meningkat tiga kali lipat. “Tahun ini kami prediksi layanan data akan melonjak 20-30 persen,” imbuhnya.

Dalam kondisi normal, saat ini XL melayani trafik layanan suara 600 juta menit/ hari, 750 juta SMS per hari, dan untuk layanan data XL sebesar 185 Terabytes. “Saat mudik Lebaran kami perkirakan trafik layanan suara akan naik 5-10 persen, sementara SMS naik sekitar 20-30 persen,” jelas Ongki.

Sementara itu, General Manager East-Central Region XL , Adi Yuharna mengatakan, pihaknya bisa memastikan untuk jaringan di wilayah East Region sudah sangat siap menghadapi lonjakan trafik selama musim mudik Lebaran.

“Dari kesiapan jaringan kita sudah sangat siap Dan untuk mengantisipasi lonjakan trafik tahun ini, kami akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa,” kata Adi di Ponorogo, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, XL juga melakukan polling kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik dibeberapa titik yang padat jalur mudik. “Polling dilakukan secara otomatis dengan sudah menggunakan teknologi terbaru,” ucapnya memastikan.

Hal ini diamini oleh Agus Simorangkir, VP Project Management XL Axiata. Menurutnya, jaringan XL telah menggunakan teknologi terbaru, seperti MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

“BTS XL sudah mendukung teknologi IP Base (Internet Protocol Base), sehingga memungkinkan perpindahan kapasitas layanan melalui sistem otomatis secara nasional,” pungkasnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0